Sabtu 03 Dec 2016 04:16 WIB

Umat Islam Sudah Berpikir Superrasional Sejak Era Kemerdekaan

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Bayu Hermawan
Jutaan Jamaah Aksi Bela Islam III menjelang pelaksanaan Shalat Jumat memadati area Monumen Nasional Jakarta, Jumat (2/12).
Foto: Republika/ Yogi Ardhi
Jutaan Jamaah Aksi Bela Islam III menjelang pelaksanaan Shalat Jumat memadati area Monumen Nasional Jakarta, Jumat (2/12).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pendiri Kampung Matematika Raden Ridwan Hasan Saputra mengatakan, negara Indonesia tidak akan pernah lahir jika umat Islam tidak berjihad untuk merebut kemerdekaan. Jihad adalah hasil berpikir suprarasional sehingga umat Islam rela mengorbankan harta bahkan nyawanya untuk kemerdekaan Indonesia.

Menurut Ridwan, penjajah yang mempunyai kekuatan senjata jauh lebih hebat akhirnya bisa dikalahkan oleh rakyat Indonesia dengan semangat jihad umat Islam. Cara berpikir suprarasional ini tidak akan mampu ditahan oleh sebesar apa pun kekuatan manusia.

"Hal ini karena dalam cara berpikir suprarasional, Allah yang menjadi penolongnya," ujar Ridwan dalam keterangan tertulisnya kepada Republika, Sabtu (3/12).

Akan tetapi, di masa mengisi kemerdekaan ini cara berpikir suprarasional mulai ditinggalkan sehingga peran umat Islam dalam pembangunan tidak begitu terasa. Ridwan mengatakan, aksi 411 adalah momentum tumbuhnya kembali cara berpikir suprarasional, sedangkan aksi 212 adalah wujud lanjutan cara berpikir suprarasional dari umat Islam.

Pemimpin harus mengajak semua umat beragama untuk saling bertoleransi dalam menjalankan aturan agama masing-masing. Jika hal ini dilakukan, maka bangsa ini akan berkelimpahan pahala. Ridwan menambahkan, apabila bangsa ini berkelimpahan pahala, maka bangsa ini tidak perlu lagi bergantung pada negara lain karena Pemilik Langit dan Bumi akan menjadi penolong bangsa Indonesia.

"Insya Allah bangsa ini akan menjadi bangsa besar. Kita merindukan pemimpin dan ulama yang berpikir suprarasional yang mampu mengajak dan menjadikan rakyat punya cara berpikir suprarasional agar Indonesia menjadi negeri baldatun thayyibatun wa rabbun ghafur," kata Ridwan.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement