Kamis 04 May 2017 15:30 WIB

Dari Masjid, Yaman Promosikan Nilai-Nilai Islam yang Luhur

Red: Agung Sasongko
Masjid Al-Kabir Sanaa Yaman
Foto: wikipedia.org
Masjid Al-Kabir Sanaa Yaman

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pengelola masjid di Yaman semakin gigih untuk membina aspek penguatan akidah, termasuk menyelenggarakan seminar dan pelatihan keagamaan. Tak jarang, sebagian peserta berasal dari kalangan luar negeri. Fokus utama tertuju pada generasi muda Muslim.

Kelompok ini ingin dilibatkan secara intens pada aktivitas dan program masjid. Menurut Abdul Wahid, dengan jiwa mudanya, mereka masih bersemangat memajukan taraf kehidupan masyarakat dan menjalankan syariat agama. Di sisi lain, mereka pun sangat rentan dipengaruhi ajaran radikal sehingga harus dibina akidahnya sejak dini.

Misi ini hendaknya menjadi program bersama. Seluruh masjid dan lembaga pendidikan agama perlu memberikan kontribusi, dia menambahkan. Pada kesempatan terpisah, Syekh Hasan Abdullah al Sheikh, ketua hubungan antaragama Masjid Saleh, menambahkan, sejak diresmikan, pengurus masjid terus menggencarkan kegiatan sosial keagamaan.

Selain untuk lebih mendekatkan umat dengan tempat ibadahnya, langkah itu bertujuan mempromosikan nilai-nilai Islam yang luhur. Antara lain mendorong prinsip wasathiya (pemikiran moderat, tengah-tengah), saling menghargai, serta harmonisasi antaragama.