Kamis 01 Jun 2017 14:34 WIB

Gerindra Ajak Memahami Pancasila Secara Benar

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Ilham
Sodik Mudjahid.
Foto: Kiblat.
Sodik Mudjahid.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Peringatan hari lahir Pancasila setiap tanggal 1 Juni hendaknya dimaknai untuk mendorong semua pihak untuk memahami dan mengamalkan Pancasila secara benar. Hal itu disampaikan Juru Bicara Partai Gerindra Sodik Mudjahid terkait pentingnya pemahaman Pancasila secara benar untuk kepentingan bangsa dan negara.

"Bukan justru memahami Pancasila versi sendiri untuk kepentingan kelompok sendiri," kata Sodik dalam pesan singkatnya pada Kamis (1/6).

Hal ini agar tidak memunculkan pandangan masing-masing kelompok tersebut dengan mengklaim paling Pancasila. Sehingga dengan mudah menuduh kelompok lain anti-Pancasila. "Jadi peringatan ini harusnya dimaknai dengan pemahaman dan pengamalan Pancasila dengan benar," ujarnya.

Karenanya, Wakil Ketua Komisi VIII DPR itu juga mendesak agar Pemerintah segera membentuk badan penggali dan edukasi Pancasila. Hal ini guna menjadi acuan bagi pemahaman Pancasila seutuhnya.

"Pemerintah segera membentuk Badan penggali dan Edukasi Pancasila diisi oleh pakar dan tokoh dari berbagai kelompok masyarakat seperti BP7 (Badan Pembina Pendidikan Pelaksanaan Pedoman Penghayatan dan Pengamalan Pancasila) zaman orde baru," kata Sodik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement