Jumat 04 Aug 2017 19:33 WIB

Dari Ternak Lele, Halimah Raup Rp 5 Juta per Bulan

Red: Qommarria Rostanti
Salah satu mitra Amartha, Halimah.
Foto: Dok Amartha
Salah satu mitra Amartha, Halimah.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Memulai suatu usaha membutuhkan berbagai persiapan dan keberanian. Seperti yang telah dilakukan salah satu mitra Amartha, Halimah (43 tahun), yang memilih berwirausaha ternak ikan.

Awalnya dia memulai beternak ikan hias, namun pada akhirnya beralih menjalankan usaha ternak ikan lele. Halimah cukup gesit dan sangat cekatan dalam megurus ikan-ikannya, mulai dari membersihkan kolam, mengisi air, dan memberi makan ikan, dia lakukan sendiri. Halimah telah memulai bisnis ini sejak tujuh tahun lalu.

Keahliannya itu, dia dapatkan secara otodidak dan belajar dari buku panduan tentang beternak yang dimilikinya. Tentu saja, awal usahanya tak berjalan mulus. Kegagalan demi kegagalan pernah diaalami, mulai dari ikan mati hingga habis modal karena kurang paham cara mengelola uang untuk usahanya ini. Alhasil, dia, sempat tak dapat melanjutkan usahanya selama enam bulan.

“Saya dulu berkali-kali gagal, ikannya mati, modal habis karena ini itu. Jadi saya sempat berhenti sampai bulan bulan, tapi Alhamdulillah jalan lagi karena dapet modal Amartha," ujar Halimah dalam keterangan tertulis yang diterima Republika.co.id, Jumat (4/8).