Rabu 30 Aug 2017 15:12 WIB

Tahun Ini 30 Jembatan Gantung akan Dibangun di Banten

Red: Nidia Zuraya
Ilustrasi jembatan gantung roboh
Foto: Antara
Ilustrasi jembatan gantung roboh

REPUBLIKA.CO.ID, LEBAK -- Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono tahun ini akan membantu pembangunan jembatan gantung untuk masyarakat di Provinsi Banten.

"Bantuan pembangunan jembatan gantung itu minimal sebanyak 30 unit atas perintah Bapak Presiden Joko Widodo," kata Basuki Hadimuljono saat meninjau proyek pembangunan Waduk Karian di Desa Pair Tanjung Kecamatan Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Rabu (30/8).

Menteri mengatakan bantuan pembangunan jembatan gantung atas perhatian Presiden Jokowi terhadap masyarakat Provinsi Banten. Perhatian Jokowi cukup besar untuk memberikan bantuan pembangunan jembatan gantung tersebut.

Namun, bantuan jembatan itu tidak hanya di Kabupaten Lebak saja, tetapi daerah lain di Banten yang membutuhkan pembangunan jembatan gantung. Apalagi, Provinsi Banten banyak daerah aliran sungai sehingga membutuhkan jembatan gantung.

"Kami berharap Pemprov Banten dapat mengalokasikan daerah mana saja yang membutuhkan pembangunan jembatan gantung," katanya menjelaskan.

Ia mengatakan, perhatian Jokowi terhadap Provinsi Banten kemungkinan tahun 2018-2019 ditambah kembali dengan direalisasikan berbagai pembangunan guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Selama dua tahun terakhir ini, tentu perhatian Jokowi tidak kurang lagi untuk Provinsi Banten. Bahkan, tahun sebelumnya PUPR telah membangun sebanyak 10 unit jembatan gantung di Kabupaten Lebak.

"Kami sebagai pembantu presiden tentu akan merealisasikan janji Jokowi untuk membuktikan pembangunan di Provinsi Banten," katanya.

Menteri meminta pemerintah Provinsi Banten dapat bekerja sama dengan baik untuk mendukung proyek pembangunan nasional dengan pembebasan lahan jalan Tol Serang-Panimbang. Ditargetkan pelelangan pembangunan jalan Tol Serang-Panimbang selesai akhir tahun 2017.

Apabila, pelelangan pembangunan itu sudah diselesai maka bisa dikerjakan awal Januari 2018. "Kami minta dukungan pemerintah Banten untuk mensukseskan pembebasan lahan pembangunan jalan Tol Serang-Panimbang," katanya.

Bupati Lebak Iti Octavia menyambut positif bantuan pembangunan jembatan gantung dari PUPR itu karena di Lebak tercatat 378 jembatan gantung rusak.  Selama ini, kondisi jembatan gantung cukup memprihatinkan sehingga perlu dilakukan pembangunan.

Meskipun pemerintah pusat telah melakukan pembangunan sebanyak 10 jembatan gantung. Namun masih banyak ditemukan dalam kondisi rusak berat. "Kami berharap Lebak tahun ini mendapat bantuan pembangunan jembatan gantung," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement