Senin 18 Sep 2017 20:54 WIB

Meikarta di Mata Orang Asing

Red: Budi Raharjo
Toshihisa Komaki
Foto: Humas Meikarta
Toshihisa Komaki

REPUBLIKA.CO.ID,Salah satu topik terhangat yang dibicarakan oleh komunitas Jepang di Indonesia adalah Meikarta. Awalnya mereka terkesima oleh promosi besar-besaran. Lalu makin mengerucut ke konsep dan harga yang ditawarkan oleh pengelola Meikarta.

Itulah kata seorang pengamat Indonesia dari Jepang, Toshihisa Komaki, yang sudah puluhan tahun mengamati Indonesia. Membangun sebuah kota baru, menurut mantan spesialis Indonesia dari Nikkei Shimbun ini, adalah tugas berat dan kalau sukses bias menjadi tonggak kemajuan besar bagi industri real estate Indonesia.

Sejauh ini, menurut CEO Nusantara Research Institute yang berbasis di Tokyo ini, Meikarta telah berhasil memancing awareness  masyarakat Jepang tentang lahirnya sebuah pemukiman baru di timur Jakarta. Untuk memproleh kemajuan besar, katanya, masih memerlukan waktu sejalan dengan kemajuan proses pembangunannya.

Kemajuan itu kini sudah berada di tangan Meikarta terbukti dengan kesanggupannya menjual lebih dari 100 ribu unit dalam empat bulan. Sebuah keberhasilan yang belum pernah tercatat oleh siapapun di Indonesia.