Senin 29 Jan 2018 16:26 WIB

PDIP Dinyatakan Lulus Verifikasi Faktual Tingkat Pusat

Verifikasi faktual dihadiri oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Andri Saubani
DPP PDI Perjuangan menjalani proses verifikasi faktual di Kantor DPP Lenteng Agung, Jakarta, Senin (29/1).
Foto: Republika/Febrianto Adi Saputro
DPP PDI Perjuangan menjalani proses verifikasi faktual di Kantor DPP Lenteng Agung, Jakarta, Senin (29/1).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, menyatakan bahwa kepengurusan Dewan Pengurus Pusat Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) lulus dalam verifikasi faktual tingkat nasional yang dilaksanakan di Kantor DPP PDIPdi Lenteng Agung, Jakarta,pada Senin (29/1) siang.

Beberapa unsur yang jadi penilaian dalam verifikasi faktual yang dilaksanakan KPU antara lain keanggotaan pengurus pusat partai, kantor pusat partai, dan keterwakilan 30 persen perempuan di tingkat DPP. "Tadi semua hadir (keterwakilan 30 persen perempuan) jadi kami anggap memenuhi syarat, dan tadi juga diawasi oleh komisioner dari bawaslu," kata Komisioner KPU, Ilham Saputra.

Hasto mengatakan, jumlah pengurus DPP PDI Perjuangan sebanyak 39 pengurus dengan rincian 12 departemen internal dan 27 pengurus pusat. "Jumlah total pengurus 39 dan keterwakilan perempuan kita itu dicapai 38,5 persen," katanya.

Dalam verifikasi faktual tersebut dihadiri oleh Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri. Para pengurus pusat PDIP yang hadir antara lain Hasto Kristiyanto,Olly Dondokambey, Puti Guntur Soekarno, Djarot Saiful Hidayat, Ahmad Basarah, Bambang DH, Puan Maharani, Andreas Hugo Prabowo, Ananda Prabowo.

KPU mengimbau kepada PDIP untuk menginstruksikan dewan pimpinan daerah untuk mempersiapkan proses verifikasi faktual. Pasalnya meskipun KPU sudah menyatakan PDI Perjuangan lolos di tingkat dewan pimpinan pusat, namun verifikasi di tingkat daerah juga menentukan.

"17 Februari 2018 kita akan menetapkan parpol yang memenuhi syarat peserta pemilu 2019," kata Ketua KPU RI Arief Budiman.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement