Kamis 01 Mar 2018 05:21 WIB

Heru Winarko Diharapkan Bawa Standar Etika KPK ke BNN

Ketua KPK dukung promosi Heru Winarko sebagai kepala BNN.

Rep: Ronggo Astungkoro/ Red: Reiny Dwinanda
Wakil Ketua KPK Saut Situmorang (kiri)  bersama Kepala BNSP Sumarna F Abdurahman (tengah) dan Deputi Penindakan KPK Heru Winarko (kanan) meresmikan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) P-II KPK sebagai Standar Kompetensi Penyuluhan Antikorupsi di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (10/11).
Foto: Republika/Mahmud Muhyidin
Wakil Ketua KPK Saut Situmorang (kiri) bersama Kepala BNSP Sumarna F Abdurahman (tengah) dan Deputi Penindakan KPK Heru Winarko (kanan) meresmikan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) P-II KPK sebagai Standar Kompetensi Penyuluhan Antikorupsi di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (10/11).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Agus Rahardjo mendukung penunjukkan Irjen Pol Heru Winarko sebagai kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) yang baru. Ia berharap standar etika yang berlaku di KPK dibawa ke BNN oleh penjabat deputi Penindakan KPK itu.

"Di KPK juga kan, dalam tanda kutip, gajinya lebih besar dari teman yang lain. Jadi, mungkin standar itu perlu dibawa ke sana," kata Agus.

Di mata Agus, Heru merupakan sosok yang tepat untuk menjadi kepala BNN. Ia melihatnya dari dua tahun bekerja sama dengan Heru di KPK. "Pak Heru sangat bagus. Tidak banyak bicara, tapi pendapatnya sangat tajam dan sangat membantu penuntasan penugasan pimpinan," jelas Agus di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (28/2).

Agus mengatakan, KPK dengan Kapolri sudah berdiskusi mengenai wacana penunjukkan Heru sejak lama. Dia pun mengikuti diskusi itu. 

Baca juga: Nama Pengganti Kepala BNN Sudah Diajukan ke Presiden

Jika Heru mendapatkan promosi sebagai kepala BNN, KPK akan segera melakukan kompetisi terbuka untuk menggantikan posisinya. "Kalau nanti Pak Heru mendapat pengangkatan, KPK juga segera melakukan kompetisi terbuka untuk memilih deputi di KPK," terangnya.

KPK, jelasnya, sangat mendukung apabila Heru menjadi Kepala BNN. Di lembaga antirasuah itu belun pernah ada deputi yang dipromosikan. Dengan adanya keputusan itu, ia mengaku sangat senang. "Kami sangat senang karena ini penghargaan soal prestasinya," kata dia.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement