Jumat 12 Aug 2016 12:49 WIB

Mahasiswa UMJ Raih Juara Lomba di Festival Alquran

Red: Dwi Murdaningsih
Wakil Rektor 3 UMJ bersama mahasiswa UMJ peraih juara festival Alquran.
Foto: UMJ
Wakil Rektor 3 UMJ bersama mahasiswa UMJ peraih juara festival Alquran.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) melaksanakan menyelenggarakan Festival Alquran bagi Mahasiswa Muhammadiyah se-Indonesia, pada 9-11 Agustus lalu. Dalam kegiatan tersebut, Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) mengirimkan utusan untuk mengikuti berbagai perlombaan. Kontingen UMJ dipimpin oleh Wakil Rektor 3 Bidang Kemahasiswaan, Irfan Purnawan.

Menurut Irfan, mahasiswa UMJ punya banyak potensi dalam hal kajian Alquran yang layak untuk diikutsertakan dalam berbagai perlombaan. “Bahkan mahasiswa UMJ pernah meraih Juara 2 dan 3 MTQ internasional di Malaysia," kata Irfan.

Dalam perlombaan di UMY kali ini, mahasiswa yang diutus oleh UMJ berhasil meraih juara dalam beberapa katagori perlombaan. Mahasiswa UMJ meraih juara harapan 1 tahfidz Alquuran 30 Juz  (Sayf Qisthi), juara 2 tahfidz Alquran 15 Juz (Afif Abdurrahman dan Maulidya Fatimah), Juara Harapan 1 (Tahfidz 10 Juz (Aulia Hafidz), Juara Harapan 1 Tahfidz 5 Juz (Abid Abdurrahman), Juara Harapan 2 Tahfidz 1 Juz (Muhammad Yahya), dan Juara 2 Lomba Kaligrafi (Muhammad Mahatir).

Muhammadiyah sebagai gerakan Islam menjadikan Alquran sebagai sumber ajaran yang utama yang akan membawa umat Islam menuju kebahagiaan dunia dan akhirat. Melaksanakan ajaran Alquran dan hadits merupakan arah utama gerakan Muhammadiyah.