Kamis 17 Jan 2019 16:18 WIB

Pertamina Anggarakan 2,5 Miliar Dolar Investasi Hulu Migas

Ada beberapa proyek investasi yang ternyata harganya jauh lebih hemat.

Rep: Intan Pratiwi/ Red: Dwi Murdaningsih
Sebuah kapal tanker pengangkut LPG berlabuh di Jetty Pertamina RU VI Balongan, Indramayu, Jawa Barat, Kamis (27/12/2018).
Foto: Antara/Dedhez Anggara
Sebuah kapal tanker pengangkut LPG berlabuh di Jetty Pertamina RU VI Balongan, Indramayu, Jawa Barat, Kamis (27/12/2018).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Pertamina (Persero) menganggarkan dana sebesar 2,5 miliar dolar AS pada 2019 untuk investasi. Angka investasi ini tidak lebih besar daripada tahun 2018 yang sebesar 2,9 miliar dolar.

Direktur Hulu  PT. Pertamina, Dharmawan Samsu menjelaskan penurunan anggaran investasi ini bukan berarti Pertamina menurunkan nilai investasi. Ia menjelaskan, ada beberapa proyek investasi yang ternyata harganya jauh lebih hemat. Dharmawan menilai, hal ini merupakan langkah efisiensi.

"Kenapa turun? bukan turun tapi itu pencapaian realisasi dari aktivitas yang kita targetkan dari awal. Kalau kita menargetkan 3,1 tapi realisasi 2,9 bukan penurunan investasi. Itu ada elemen efisiensi. Jadi yang seharunsya spending nilai tertentu bisa dturunkan," ujar Dharmawan di Kantor Pusat Pertamina, Kamis (17/1).

Produksi Migas Pertamina Tahun Ini 922 Ribu Barel