Senin 29 Apr 2019 07:07 WIB

KBRI Prancis Tampilkan Wayang Berbahasa Prancis

Wayang kulit berbahasa Prancis menampilkan lakon Babad Wana Marta

Red: Christiyaningsih
Penampilan wayang kulit (ilustrasi).
Foto: Republika/Edi Yusuf
Penampilan wayang kulit (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS -- Wayang umumnya dipentaskan dengan dialog berbahasa Jawa. Tetapi di Prancis, ada pergelaran wayang yang ditampilkan dengan bahasa Prancis. Pertunjukan itu digelar di Balai Budaya KBRI Paris, Sabtu (27/4) pukul 19.00 waktu Prancis.

Pergelaran wayang kulit dalam bahasa Prancis dengan lakon Babad Wana Marta dibawakan Ki Dalang Christophe Moure. Moure adalah mantan penerima beasiswa Darmasiswa. Ia belajar mendalang dari dalang Ki Joko Susilo.

Baca Juga

Lewat pertunjukan wayang berbahasa Prancis, Moure berhasil memukau para penonton. Usai pertunjukan para penonton enggan meninggalkan Balai Budaya meski sudah tengah malam. Mereka masih asyik berdiskusi dengan dalang dan penabuh gamelan tentang kisah lanjutan cinta Arimbi dan Bima.

Atase Pendidikan dan Kebudayaan (Atdikbud) KBRI Paris, Warsito, mengatakan pergelaran wayang kulit di Prancis disebut theatre d'ombre (teater bayangan). Pentas yang juga dikenal dengan istilah marionettes d'ombre ini sudah tidak asing bagi masyarakat Prancis.