Kamis 29 Aug 2019 07:09 WIB

Harga Cabai di Pasar Manis Purwokerto Turun

Penurunan harga ini seiring dengan lancarnya pasokan dari petani.

Red: Andi Nur Aminah
Kementan berupaya menstabilkan harga cabai dengan manajemen pola tanam.
Foto: Kementan
Kementan berupaya menstabilkan harga cabai dengan manajemen pola tanam.

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO -- Harga cabai di Pasar Manis, Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, turun. Penurunan harga ini seiring dengan lancarnya pasokan dari petani meskipun harga masih tergolong tinggi.

"Saat ini, harga cabai rawit merah sebesar Rp 62 ribu per kilogram atau turun Rp 20 ribu dari sebelumnya yang mencapai Rp 82 ribu per kilogram," kata salah seorang pedagang, Yuni di Pasar Manis, Purwokerto, Kamis (29/8).

Baca Juga

Menurut dia, penurunan harga juga terjadi pada cabai rawit hijau, yakni dari Rp 70 ribu per kilogram menjadi Rp 52 ribu per kilogram. Sementara harga cabai merah keriting turun dari Rp 62 ribu per kilogram menjadi Rp 55 ribu per kilogram. Sedangkan harga cabai merah besar saat sekarang Rp 60 ribu per kilogram atau turun Rp 10 ribu dari sebelumnya yang sebesar Rp 70 ribu per kilogram.

Ia mengatakan penurunan harga berbagai jenis cabai terjadi karena pasokan dari petani mulai lancar. "Informasi yang kami terima, petani di sejumlah sentra penghasil cabai mulai panen sehingga harganya diharapkan berangsur turun," katanya.