Ahad 27 Oct 2019 06:07 WIB

Hakim AS Sahkan Penyelidikan Pemakzulan Trump

Pengesahan pemakzulan Trump ini menjadi kemenangan besar bagi Demokrat

Rep: DWINA AGUSTIN/ Red: Elba Damhuri
Presiden Amerika Serikat, Donald Trump
Foto: AP
Presiden Amerika Serikat, Donald Trump

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Hakim Distrik Amerika Serikat (AS) A Beryl Howell mengesahkan legalitas penyelidikan tuduhan yang dipimpin Partai Demokrat terhadap Presiden Donald Trump, Jumat (26/10). Pengesahan itu pun memerintahkan pemerintah untuk menyerahkan salinan dokumen Robert Mueller yang memerinci adanya campur tangan Rusia dalam Pemilu 2016.

Pengesahan tersebut menjadi kemenangan besar bagi House of Representatives yang dipimpin oleh Demokrat. Legalitas itu melemahkan argumen yang dilemparkan anggota Partai Republik dalam penyelidikan untuk pemakzulan Trump.

Baca Juga

Komite itu, menurut Howell, telah memberikan bukti yang cukup untuk memperlihatkan penyelidikan yang terjadi memiliki tujuan awal untuk menentukan apakah akan merekomendasikan pasal-pasal penuduhan. Sebuah putusan Partai Republik di Senat mengkritik proses yang digunakan Demokrat dalam penyelidikan pemakzulan, Kamis.

House of Representatives Howell melanjutkan, telah melakukan penyelidikan tuduhan yang sah dan resmi. Pernyataan ini menampik kritik upaya Departemen Kehakiman dan komite peringkat Republik Doug Collins yang mengatakan, Demokrat belum memenuhi ambang batas hukum.