Jumat 22 Nov 2019 12:43 WIB

Wapres Ziarah ke Makam Sunan Gunung Jati

Kiai Ma'ruf harus menaiki puluhan anak tangga untuk menuju makam Sunan Gunung Jati

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Esthi Maharani
Wakil Presiden Ma
Foto: Dok Setwapres
Wakil Presiden Ma

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON -- Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin berziarah ke Makam Sunan Gunung Jati, salah satu dari sembilan Wali Songo di sela kunjungan kerja ke Cirebon, Jumat (22/11). Ma'ruf didampingi Ibu Hj Wury Ma'ruf Amin, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan istri saat berziarah sekaligus berdoa bersama di makam salah satu tokoh penyebar agama Islam di Nusantara tersebut.

Kiai Ma'ruf yang menggunakan setelan sarung, jas serta sorban tiba di area Makam sekitar pukul 10.10 WIB, kemudian masuk ke area makam. Letak posisi Makan Sunan Gunung Jati berada di paling atas area makan. Sehingga, Kiai Ma'ruf harus menaiki puluhan anak tangga untuk menuju makam Sunan yang memiliki nama asli Syekh Syarif Hidayatullah itu.

Saat tiba di area makan Sunan, Kiai Ma'ruf pun memimpin doa bersama untuk mengharapkan keselamatan bangsa dan negara. Sekitar kurang lebih 30 menit, Kiai Ma'ruf bersama rombongan kemudian menyudahi ziarah dan beranjak ke Keraton Kesultanan kesepuhan Cirebon untuk persiapan sholat Jum'at di masjid Agung Sang Cipta Rasa Cirebon.

Area Makam Sunan Gunung Jati selalu menjadi tujuan para peziarah dari berbagai kota. Di waktu-waktu tertentu, semakin ramai seperti pada malam Jumat Kliwon, Maulid Nabi, Grebeg Syawal, Grebeg Rayagung, dan ritual pencucian benda-benda pusaka.

Di dalam kompleks pemakaman ini tidak hanya ada makam Sunan Gunung Jati saja, tapi juga kerabat-kerabat sang wali. Sedangkan tempat yang disebut Gunung Jati adalah merupakan lokasi makam-makam kuno lainnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement