Selasa 10 Dec 2019 16:47 WIB

Stafsus Belva Serahkan Seluruh Gajinya untuk Bantu UMKM

Belva menegaskan program pendanaan ini murni 'grant' alias pemberian sebagai bantuan.

Rep: Sapto Andika Candra/ Red: Ratna Puspita
Staf Khusus Presiden, Adamas Belva Syah Devara, meluncurkan program CiptaNyata yang akan memilih dua peserta untuk mendapat bantuan pendanaan masing-masing Rp 20 juta untuk kembangkan bisnis UMKM-nya.
Foto: ciptanyata.com
Staf Khusus Presiden, Adamas Belva Syah Devara, meluncurkan program CiptaNyata yang akan memilih dua peserta untuk mendapat bantuan pendanaan masing-masing Rp 20 juta untuk kembangkan bisnis UMKM-nya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Staf Khusus Presiden, Adamas Belva Syah Devara, mengambil keputusan menarik terkait penghasilan bulanannya dalam bekerja membantu Presiden Joko Widodo (Jokowi). Pendiri Ruangguru ini menyampaikan akan memberikan seluruh gaji yang diterima setiap bulan sebagai stafsus presiden, setelah dipotong pajak, untuk membantu pelaku UMKM. 

"Melalui program CiptaNyata. Setiap bulan, relawan CiptaNyata akan memilih dua peserta untuk mendapat bantuan pendanaan masing-masing Rp 20 juta untuk kembangkan bisnis UMKM-nya," ujar Belva melalui pernyataan resminya, Selasa (10/12). 

Baca Juga

Belva menegaskan program pendanaan ini murni 'grant' alias pemberian sebagai bantuan modal, bukan pinjaman atau utang. Pada tahap awal, ujarnya, program ini akan berjalan selama enam bulan dan kemudian akan dievaluasi kembali. 

"Program ini saya kembangkan berdasarkan pengalaman pribadi tentang bagaimana sulitnya mendirikan usaha," ujar Belva. 

Ia menceritakan, di awal waktu mendirikan Ruangguru dirinya hanya memiliki satu orang karyawan. Hingga saat ini, Ruangguru sudah memberdayakan 4.000 orang.

Pengalaman dalam membangun usaha ini membuat Belva sadar mengenai sulitnya mengakses modal dan minimnya mentor yang bisa mendampingi dalam membangun usaha. "Perjuangan kami di Ruangguru meyakinkan saya bahwa kegiatan wirausaha yang bermisi sosial mampu memberikan dampak yang berkelanjutan kepada masyarakat luas," katanya. 

Belva berharap, program CiptaNyata ini dapat menjadi pendorong bagi pelaku UMKM dalam mengembangkan usahanya dengan skala waktu jangka panjang. Pendaftaran program CiptaNyata yang digerakkan dengan gaji Belva sebagai Stafsus Presiden ini sudah dibuka dengan tenggat waktu 22 Desember 2019.

Kali ini, program ini fokus pada tema 'fashion'. Pelaku usaha pemula yang ingin mendapat modal usaha bisa mengunggah proposal usaha serta video untuk menjelaskan bidang usaha tersebut melalui website www.ciptanyata.com. 

Meski bersifat grant, Belva tetap meminta seluruh penerima modal mempertanggungjawabkan usahanya. Pemenang diwajibkan membuat dua video perkembangan bisnis yang akan diunggah di situs program. 

"Video tersebut juga berfungsi sebagai pertanggungjawaban pemenang sekaligus mendorong mereka menjadi role model, menyebarkan ilmu yang didapat kepada masyarakat luas," kata Belva menutup pernyataan resminya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement