Kamis 23 Jan 2020 11:25 WIB

Demokrat Tuduh Trump Lakukan Tindakan Korup

Partai Demokrat menuduh Presiden AS Donald Trump melakukan skema korup

Rep: Dwina Agustin/ Red: Christiyaningsih
Partai Demokrat menuduh Presiden AS Donald Trump melakukan skema korup. Ilustrasi.
Foto: EPA-EFE/NEIL HALL
Partai Demokrat menuduh Presiden AS Donald Trump melakukan skema korup. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Partai Demokrat menuduh Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump melakukan skema korup untuk menekan Ukraina pada sidang pemakzulan, Rabu (22/1). Anggota House of Representatives Adam Schiff menyatakan Trump melakukan tindakan korup.

"Untuk menerapkan skema korup ini, Presiden Trump menekan presiden Ukraina untuk secara terbuka mengumumkan penyelidikan atas dua tuduhan yang didiskreditkan yang akan menguntungkan kampanye presiden 2020 Presiden Trump," kata Schiff.

Baca Juga

Pernyataan Demokrat akhirnya keluar selama dua jam untuk penuntutan setelah berhari-hari perselisihan prosedural. Schiff mengatakan Trump telah mendorong Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy untuk menyelidiki mantan Wakil Presiden Joe Biden dan putra Biden atas tuduhan korupsi yang tidak berdasar tahun lalu.

Demokrat berpendapat Trump berusaha untuk menemukan kesalahan pada pesaing utama untuk kandidat dari Demokrat untuk pemilihan November nanti. Dengan menjatuhkan Hunter yang telah bertugas di dewan perusahaan gas Ukraina, Trump memanfaatkan isu itu untuk membantu presiden memenangkan masa jabatan kedua.