Jumat 31 Jan 2020 18:42 WIB

Workshop Keamanan Pilot Internasional Digelar

Kegiatan ini sebagai ajang studi banding untuk meningkatkan keselamatan penerbangan.

Red: Fernan Rahadi
Workshop keamanan pilot internasional bertajuk FAA Safety International Pilot Workshop di Curug, Tangerang, Banten.
Foto: 14daypilot.com
Workshop keamanan pilot internasional bertajuk FAA Safety International Pilot Workshop di Curug, Tangerang, Banten.

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- 14DAYPILOT (I4DP) Flight Academy  mengadakan workshop keamanan pilot internasional bertajuk FAA Safety International Pilot Workshop di Jakarta, Kamis (30/1). Workshop tersebut dibawakan oleh Kapten Gema Merdeka Goeyardi untuk penerbang dan instruktur Politeknik Penerbangan Indonesia (PPI) Curug. 

Workshop ini mengangkat tema 'Pilot In Command Decision Making In Multi Engine Instrument Flight' dengan pembahasan lengkap mulai dari Aeronautical Decision Making, Advanced Instrument Rating, hingga Jet Aerodynamic Introduction. FAA Safety workshop adalah event resmi dari FAA safety training provider yang dilaksanakan oleh 14DAYPILOT Flight Academy sebagai ajang studi banding untuk terus meningkatkan keselamatan penerbangan di Indonesia dan Asia. 

"Acara ini juga suatu bentuk kepedulian 14DAYPILOT Flight Academy terhadap kemajuan aviasi Indonesia " ujar Kapten Gema, dalam siaran persnya, Jumat (31/1).

Workshop yang diadakan dengan tujuan untuk memberikan edukasi tentang pentingnya keamanan (safety) dalam penerbangan ini juga dihadiri oleh tamu spesial seperti Kapten Arsanto Noorwahyu, Kapten Rinosa Ari W, Kapten Rivandi, serta rekan-rekan Safety & Quality Manager dari PPI Curug. 

Sebagai anggota dari FAA Safety Team, 14DAYPILOT Flight Academy membagikan edukasi serta pengalaman kepada murid-murid serta instruktur dari PPI Curug  yang hadir agar mereka bisa mendapatkan referensi baru untuk meningkatkan pengetahuan dan skill yang telah dimiliki saat ini. 

Dalam workshop ini peserta mendapatkan kesempatan mengaplikasikan teori dalam skenario based study case berdasarkan keamanan standar FAA dan pengalaman terbang dalam situasi emergensi dari Kapten Gema.

Selain itu materi yang diberikan pun cukup mendalam dengan bahasan seputar Aeronautical Decision Making (ADM), serta Advanced Aerodynamic yang belum pernah mereka dapatkan sebelumnya. Edukasi yang diberikan Kapten Gema juga disertai studi kasus berbasis skenario riil dalam situasi emergensi saat terbang sehingga bisa membuat peserta lebih aktif dalam mengikuti workshop. 

Workshop yang disertai dengan jamuan makan malam mewah ini juga dihadiri oleh Direktur Politeknik Penerbangan Indonesia Curug (PPIC), Kapten Avirianto ntuk memberikan dukungan kepada peserta workshop yang hadir secara langsung. 14DAYPILOT Flight Academy merupakan sebuah sekolah penerbangan dengan system Accelerated Flight Training yang berbasis di Amerika Serikat. Program ini dirancang khusus untuk orang yang ingin serius untuk menjadi pilot dalam waktu yang singkat. 

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اِنْ تَكْفُرُوْا فَاِنَّ اللّٰهَ غَنِيٌّ عَنْكُمْ ۗوَلَا يَرْضٰى لِعِبَادِهِ الْكُفْرَۚ وَاِنْ تَشْكُرُوْا يَرْضَهُ لَكُمْۗ وَلَا تَزِرُ وَازِرَةٌ وِّزْرَ اُخْرٰىۗ ثُمَّ اِلٰى رَبِّكُمْ مَّرْجِعُكُمْ فَيُنَبِّئُكُمْ بِمَا كُنْتُمْ تَعْمَلُوْنَۗ اِنَّهٗ عَلِيْمٌ ۢبِذَاتِ الصُّدُوْرِ
Jika kamu kafir (ketahuilah) maka sesungguhnya Allah tidak memerlukanmu dan Dia tidak meridai kekafiran hamba-hamba-Nya. Jika kamu bersyukur, Dia meridai kesyukuranmu itu. Seseorang yang berdosa tidak memikul dosa orang lain. Kemudian kepada Tuhanmulah kembalimu lalu Dia beritakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan. Sungguh, Dia Maha Mengetahui apa yang tersimpan dalam dada(mu).

(QS. Az-Zumar ayat 7)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement