Kamis 16 Apr 2020 19:34 WIB

Eksportir Buah Terima Berkah di Balik Pandemi Covid-19

Pandemi covid-19 jadi momentum menguatkan posisi komoditas hortikultura Indonesia

Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Buah Manggis siap dikirim ke pasar internasional, khususnya China. Pandemi covid-19 jadi momentum menguatkan posisi komoditas hortikultura Indonesia
Foto: Kementan
Buah Manggis siap dikirim ke pasar internasional, khususnya China. Pandemi covid-19 jadi momentum menguatkan posisi komoditas hortikultura Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Pademi Covid-19 di Indonesia tidak menyurutkan semangat para petani hortikultura untuk tetap menanam dan memasarkan berbagai hasil panennya. Pandemi ini justru dijadikan momentum untuk menguatkan posisi komoditas hortikultura di pasar ekspor. 

Hal ini dilakukan sesuai dengan arahan Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (SYL) untuk meningkatkan ekspor komoditas pertanian sebanyak tiga kali lipat (GRATIEKS). Dalam beberapa kesempatan SYL memaparkan, Pandemi Covid-19 harus dijadikan dalih untuk meningkatkan produksi dan kualitas pangan nasional.

Sebelumnya pada Januari 2020, sejumlah komoditas hortikultura seperti manggis sempat terhambat pemasarannya. Hal itu terjadi lantaran Tiongkok yang merupakan salah satu negara tujuan terbesar ekspor manggis dari Indonesia, dilanda pandemi Corona.

"Ada 5 komoditi Indonesia yang biasa diekspor ke Tiongkok, yakni manggis, salak, pisang, buah naga, dan kelengkeng. Dari lima komoditi ini yang terbesar pasarnya adalah manggis," ujar Direktur Jenderal Hortikultura Kementan, Prihasto Setyanto saat memberikan arahan melalui video conference meeting, Rabu (15/4).