Jumat 05 Jun 2020 19:29 WIB

Unggah Foto Polisi Peluk Demonstran, Hugh Jackman Dicemooh

Hugh Jackman dianggap tidak mendukung aksi demonstrasi Black Lives Matter.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Reiny Dwinanda
Hugh Jackman dicemooh warganet karena mengunggah foto yang dianggap tak sejalan dengan semangat gerakan Black Lives Matter.
Foto: Joel C Ryan/Invision/AP
Hugh Jackman dicemooh warganet karena mengunggah foto yang dianggap tak sejalan dengan semangat gerakan Black Lives Matter.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  Aktor Australia Hugh Jackman mendapat serangan balasan usai mengunggah foto yang sepertinya ditujukan sebagai simbol "solidaritas", Rabu (3/6). Foto itu ia pajang di Twitter saat rakyat di berbagai penjuru Amerika Serikat terus melancarkan protes demi mendukung reformasi kepolisian setelah kematian seorang warga kulit hitam, George Floyd, di tangan polisi yang membekuknya dalam insiden berbalut rasisme.

Foto yang diunggah Jackman memperlihatkan seorang polisi berkulit putih sedang memeluk seorang demonstran berkulit hitam yang berlinang air mata di sela aksi unjuk rasa Black Lives Matter. Followers bintang X-Men itu di Twitter dengan cepat mencemooh cicitan Jackman dengan menyebutnya sebagai propaganda yang mendukung polisi.

Baca Juga

Dilansir Fox News pada Kamis (4/6), banyak warganet yang menanggapi unggahan itu dengan menyatakan kekecewaan terhadap Jackman.

“Ini adalah propaganda dangkal yang dirancang untuk mengaburkan dan mempertahankan dinamika yang menindas,” tulis seorang pengguna Twitter.

“Sungguh, ini kontribusi Anda,” tulis pengguna lain.

“Anda lupa sisanya - Solidaritas foto, lalu kembali menembaki dan memukuli demonstran dan jurnalis yang damai,” tulis pengguna ketiga.

Pengguna lainnya menyoroti bahwa dua dari peran film paling menonjol Jackman adalah orang-orang yang berjuang untuk kesetaraan melawan prasangka dan kebencian. Jackman memerankan Jean Valjean di Les Miserables, yaitu karakter yang berjuang untuk mendapatkan kesempatan kedua menjadi orang baik, setelah dicap sebagai penjahat dan terbuang di mata hukum.

Jackman juga memerankan Wolverine di beberapa film X-Men yang menggunakan konsep “mutan” sebagai metafora untuk ketidaksetaraan ras.

"Kamu ada di Les Miserables dan dia masih belum mengerti?” tanya pengguna lainnya.

“Apakah Anda memperhatikan film X-Men yang Anda mainkan,” tanya pengguna lain.

“Bagaimanapun Magneto membuat beberapa poin,” canda pengguna lainnya, merujuk penjahat antikesetaraan di X-Men.

Pengguna lain menunjukkan fakta bahwa Jackman sebelumnya membela hubungannya dengan putri Presiden AS Donald Trump, Ivanka dan suaminya, Jared Kushner. Saat itu, dia mengatakan bahwa mereka hanya menghindari pembicaraan tentang politik.

"Hugh sudah lama berteman dengan Ivanka dan Jared Kushner. Dia tidak pernah berada di pihak kita,” kata seorang pengguna lain.

"Jangan lupa Hugh Jackman adalah teman yang sangat baik bagi Ivanka Trump dan mengatakan bahwa dia tidak suka berbicara tentang politik. Dia adalah manusia yang benar-benar sampah,” tulis pengguna lainnya.

Perwakilan untuk Jackman tidak segera menanggapi permintaan komentar dari Fox News.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement