Sabtu 18 Jul 2020 20:36 WIB

Kasad Andika Minta Uji Klinis Obat Covid-19 Dipercepat

Kasad Andika Perkasa meminta uji klinis kombinasi obat Covid-19 dipersepat.

Red: Nashih Nashrullah
KSAD Jenderal Andika Perkasa meminta uji klinis kombinasi obat Covid-19 dipersepat.
Foto: Dispenad
KSAD Jenderal Andika Perkasa meminta uji klinis kombinasi obat Covid-19 dipersepat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA—  Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Andika Perkasa meminta Kepala Pusat Kesehatan Angkatan Darat (Kapuskes AD) Brigjen TNI Asrofi Sueb Surachman mempercepat koordinasi pelaksanaan uji klinis kombinasi obat Covid-19 dengan seluruh Kepala Rumah Sakit TNI Angkatan Darat.

"Jadi di sini, contact person utama adalah dr Asrofi sebagai Kapuskes AD, keputusan saya dukung dan harus cepat (dilaksanakan). Karena apa, semua membutuhkan solusi," ujar Andika dalam video Youtube TNI AD yang disaksikan di Jakarta, Sabtu (18/7).

Baca Juga

Andika mengatakan bahwa terapi plasma konvalesen yang dilakukan Rumah Sakit Pusat TNI Angkatan Darat Gatot Subroto selama ini bagus, tapi kalau obat Covid-19 itu juga ditemukan, maka solusi yang ditawarkan TNI AD akan lebih hebat dan akan lebih cepat dalam menangani virus Corona ini.

Sebelumnya Andika terlihat antusias mendengar laporan Kepala Pusat Penelitian Pengembangan Stem Cell Universitas Airlangga (Unair) dokter Purwati yang mengatakan Rumah Sakit Unair mendapat persetujuan pelaksanaan uji klinis kombinasi obat Covid-19 dari Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) pada 3 Juli 2020.