Wednesday, 2 Rabiul Awwal 1444 / 28 September 2022

Wednesday, 2 Rabiul Awwal 1444 / 28 September 2022

 

2 Rabiul Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Operasi Zebra, Ditlantas Minta Maaf Sambil Bagi Sembako

Jumat 30 Oct 2020 08:33 WIB

Rep: Ali Mansur/ Red: Bayu Hermawan

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya - Kombes Sambodo Purnomo Yogo

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya - Kombes Sambodo Purnomo Yogo

Foto: Republika/Putra M. Akbar
Ditlantas meminta maaf jika pernah sakiti hati masyarakat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya mengelar operasi Zebra Jaya 2020 di gerbang tol Cikunir 2, Bekasi, Jawa Barat. Namun operasi kali, mereka tidak melakukan penilangan terhadap pengendara, tetapi membagikan sembako dan masker. Diharapkan dengan kegiatan seperti ini, Polri menjadi semakin dicintai oleh masyarakat.

 

"Mudah-mudahan dengan adanya kegiatan ini masyarakat lebih mencintai polri dan bekerja sama dengan polri di kemudian hari," ujar Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo kepada wartawan, Jumat (30/10).

Baca Juga

Selain itu, Sambodo selaku Ditlantas Polda Metro Jaya meminta maaf kepada para pengendara atau pengemudi yang pernah disakiti oleh petugas Polantas. Karena memang, operasi Zebra Jaya tahun 2020 ini berbeda dengan operasi sebelumnya dan tidak ada penilangan.

"Saya pada kesempatan kali ini saya minta maaf kalau ada perilaku anggota saya, anggota Polantas yang selama ini pernah menyakiti hati masyarakat, khususnya para pengemudi angkutan," kata Sambodo.

Dengan tidak adanya penilangan, kata Sambodo, operasi Zebra Jaya lebih mengedepankan edukasi dan persuasif. Sebab, bersamaan dengan situasi pandemi Covid-19. Sehingga , penindakan dengan tilang pada operasi zebra jaya tahun ini ditiadakan.

"Tentu karena tidak ada penilangan selama operasi zebra artinya ada dua hal yang kami lakukan. Pertama kami melakukan upaya preventif kemudian yang kedua kami melakukan upaya teguran," tutur Sambodo.

Sambung Sambodo, pihaknya juga akan mengadakan kerjasama dengan pihak sekolah. Ia berharap mendapatkan satu slot atau sekitar satu jam saja. Setidaknya untuk memberikan pengenalan tentang Undang-undang tentang lalu lintas atau pun tentang tertib lalu lintas kepada anak-anak atau para pelajar. Pastinya, kata Sambodo, tingkat pelajaran pada setiap jenjang pendidikan, baik SD, SMP dan SMA disesuaikan dengan levelnya. 

"Pelaksanaan kemungkinan dilakukan minggu depan, karena hari ini kan mereka, depan libur tidak ada sekolah jadi kita akan melaksanakan secara webinar menggunakan zoom, atau nanti bekerjasama dengan pihak sekolah," tutup Sambodo. 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f

 

 

BERITA LAINNYA

 

 

hide ads show ads
desktop mobile