Ahad 17 Jan 2021 20:05 WIB

Debit Air Sungai Batanghari Naik, Warga Diminta Waspada

Tinggi muka air Sungai Batanghari naik dari status normal menjadi siaga II banjir.

Red: Nidia Zuraya
Warga menggunakan jasa perahu penyeberangan melintasi Jalan Lintas Jambi-Berbak yang terendam banjir luapan Sungai Batanghari di Desa Gedong Karya, Muarojambi, Jambi, Jumat (15/1/2021). Banjir di jalan provinsi yang terus meninggi sejak awal Januari tersebut memutus akses pengendara sepeda motor sehingga dimanfaatkan warga sekitar dengan menyediakan jasa perahu penyeberangan dengan tarif Rp15 ribu per motor.
Foto:

BPBD Batanghari mengimbau masyarakat mewaspadai hujan deras disertai petir dan angin kencang, pohon tumbang, tebing sungai yang longsor, jalan longsor dan banjir bandang yang sewaktu sewaktu dapat terjadi. Terlebih saat ini debit air Sungai Batanghari nyaris menyentuh status siaga II Banjir.

Data dari BPBD Batanghari menunjukkan86 desa dan kelurahan yang tersebar di delapan kecamatan di daerah yang rawan banjir. Sebagian besar desa dan kelurahan tersebut berada di sepanjang bantaran Sungai Batanghari, mulai dari Kecamatan Maro Sebo Ilir, Mersam, Maro Sebo Ulu, Muara Tembesi, Batin XXIV, Muara Bulian hingga Kecamatan Pemayung.

Dengan tinggi debit air Sungai Batanghari tersebut, masyarakat di Kota Jambi diimbau untuk waspada, pasalnya dalam satu hingga dua hari ke depan tinggi muka air Sungai Batanghari yang melintas wilayah Kota Jambi juga akan meningkat, mengingat saat ini air di hulu sungai sudah meningkat cukup signifikan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement