Sabtu 23 Apr 2022 18:55 WIB

Doa Ampunan Surat Ali Imran yang Jadi Ciri Orang Bertaqwa

Surat Ali Imran ayat 16 merupakan doa orang yang bertakwa

Rep: Ali Yusuf/ Red: Nashih Nashrullah
Surat Ali Imran 16 merupakan doa yang bagi orang yang bertakwa. Berdoa (Ilustrasi)
Foto: Republika/Wihdan
Surat Ali Imran 16 merupakan doa yang bagi orang yang bertakwa. Berdoa (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Allah SWT membuka peluang seluas-luasanya kepada hamba-Nya untuk menyampaikan permohonan melalui doa. 

Doa terbaik adalah doa minta keperluan akhirat dan dunia seperti ditetapkan iman, diampuni dosa dan dimasukan kedalam surganya Allah SWT. Surat Ali Imran ayat 16 telah merangkum keperluan akhirat dan dunia.  

Baca Juga

رَبَّنَا إِنَّنَا آمَنَّا فَاغْفِرْ لَنَا ذُنُوبَنَا وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ Rabbana innana amanna faghfirlana dzunubana waqina 'adzabannar

 "Wahai Tuhan kami, sungguh kami beriman kepada-Mu. Karena itu ampunilah semua dosa-dosa kami dan selamatkanlah kami dari api neraka."

Ustadz Rafiq Jauhary dengan doa ini orang yang bertakwa berhak atas surga. Maka dari itu doa ini baik digunakan sehari-hari demi mendapat ketetapan iman, ampunan dosa dan surga. 

 "Saudaraku, setelah pada ayat sebelumnya (Ali Imran: 15) Allah menerangkan tentang sifat surga yang indah, pada ayat ini Allah menerangkan sifat orang bertaqwa yang berhak menjadi penghuni surga. Orang bertakwa akan banyak berdoa kepada Allah dengan doa sebagaimana tersebut," katanya saat menyampaikan doa-doa harian dalam Alquran, Kamis (22/4). 

Ustadz Rafiq yang juga pembimbing ibadah haji dan umroh itu mengatakan, di antara keistimewaan dari doa ini adalah menjadikan amal saleh (keimanan kepada Allah) sebagai wasilah (perantara dalam berdoa), hal ini termasuk di antara adab berdoa yang disunnahkan.  

"Orang bertakwa juga akan beristighfar, memohon ampun kepada Allah, kemudian memohon agar dijauhkan dari adzab neraka dengan kata lain dia memohon agar dimasukkan ke surga," katanya. 

Menurutnya, memohon ampun bukan menandakan pelakunya adalah orang yang banyak berdosa, justru semakin shalih kepribadian seseorang dia akan memiliki akhlaq yang baik dan banyak beristighfar. Rasulullah sebagai makhluq paling terpuji di muka bumi pun beristighfar tidak kurang dari 100 kali sehari. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement