Senin 24 May 2021 04:21 WIB

Delapan Cara Mempertahankan Amalan Usai Ramadhan 

Teruslah bersedekah untuk mendapatkan segala kebaikan.

Rep: Ali Yusuf/ Red: Ani Nursalikah
Delapan Cara Mempertahankan Amalan Usai Ramadhan. Ilustrasi Sedekah
Foto:

Amalkan yang telah dipelajari dalam Alquran

Kisah-kisah dalam Alquran penuh dengan pelajaran. Luangkan waktu untuk merenungkan itu dan tanyakan kepada diri, bagaimana Anda dapat menerapkan apa yang telah Anda pelajari dalam kehidupan? Alquran menyoroti ketidaksempurnaan yang kita miliki, sementara memberikan kita ide bagaimana berubah menjadi yang terbaik.

Apa pun bagian yang Anda baca, tanyakan kepada diri sendiri bagaimana Anda dapat mengubah kehidupan saudara berdasarkan hal itu. Simpanlah jurnal dengan poin yang telah Anda pelajari dan bagaimana Anda akan bekerja menuju pengembangan kepribadian yang melengkapi Alquran. Ingatlah hadits dari Aisyah: "Akhlak Nabi adalah Alquran." (Abu Daud)

Jadikan doa sebagai kekuatan

Dalam banyak cerita di Alquran, Allah menunjukkan kepada kita kekuatan doa. Jangan tinggalkan doa yang dibaca saat di Ramadhan. Selalu minta pada Allah untuk membantu Anda istiqamah dan minta perlindungan-Nya dari api neraka setiap hari.

Berteman dengan orang baik

Carilah kelompok di mana Anda dapat mempertahankan kebiasaan baik. Jika, misalnya, Anda menghafal Alquran secara teratur di Ramadhan dan ingin menjaga kebiasaan, bergabunglah dengan lingkungan studi Islam yang fokus pada menghafal.

Evaluasi diri tiap pekan

Ini membantu Anda melihat gambaran yang lebih besar. Anda dapat melakukan hal yang sama setiap bulan dan tahun.

Bagi mereka yang benar-benar memperhatikan aspek teknis evaluasi diri, mungkin dapat membuat grafik untuk membantu memetakan seberapa baik (atau tidak begitu baik) mengikuti kebiasaan baik Anda.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement