Kamis 29 Jul 2021 14:07 WIB

Menhan AS ke Vietnam Tunjukkan Dukungan ke Asia Tenggara

Lloyd Austin berkunjung ke Vietnam untuk memperlihatkan dukungan AS ke Asia Tenggara

Rep: Lintar Satria/ Red: Christiyaningsih
Menhan AS Lloyd Austin berkunjung ke Vietnam untuk memperlihatkan dukungan AS ke Asia Tenggara. Ilustrasi.
Foto: AP Photo/Susan Walsh
Menhan AS Lloyd Austin berkunjung ke Vietnam untuk memperlihatkan dukungan AS ke Asia Tenggara. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, HANOI -- Menteri Pertahanan Amerika Serikat (Menhan AS) Lloyd Austin berkunjung ke Vietnam untuk memperlihatkan dukungan AS terhadap negara-negara Asia Tenggara yang bersengketa dengan China di Laut China Selatan (LCS). Austin dijadwalkan bertemu dengan Menteri Pertahanan Vietnam Phan Văn Giang.

Ia juga akan bertemu dengan Presiden Nguyen Xuan Phuc dan Perdana Menteri Pham Minh Chinh. Austin sempat mengunjungi tempat pesawat mantan Senator AS John McCain ditembak jatuh tahun 1967. McCain yang maju dalam pemilihan presiden dari Partai Republik 2008 pernah menjadi tahanan Perang Vietnam.

Baca Juga

Sejak Perang Vietnam berakhir, hubungan Washington dan Hanoi perlahan-lahan menghangat. Kedua negara memantau ketat aktivitas Beijing di LCS. Vietnam adalah negara yang paling vokal melawan klaim China di perairan kaya sumber daya alam tersebut dan menerima berbagai perangkat militer AS termasuk kapal penjaga pantai.

Direktur Luar Negeri Kementerian Pertahanan Vietnam Letnan Jenderal Vu Chien Thang mengatakan pemimpin Vietnam dan Austin akan membahas virus corona dan langkah-langkah 'memperkuat kemampuan penegakan hukum maritim'.