Kamis 12 Aug 2021 08:59 WIB

Kebalikan dari Ashton Kutcher, The Rock Mengaku Rajin Mandi

The Rock punya kebiasaan mandi setiap hari, tak seperti Ashton Kutcher.

Rep: Farah Noersativa, Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Aktor Dwayne Johnson mengaku bahwa dirinya tak termasuk dalam kelompok selebritas yang tidak mandi setiap hari.
Foto:

Kebutuhan mandi pada setiap orang ternyata dipengaruhi oleh beragam faktor. Orang dewasa yang menghabiskan sebagian besar waktu di rumah karena bekerja dari rumah, misalnya, tidak perlu mandi setiap hari.

Alasannya, lanjut Larson, orang dewasa tersebut menghabiskan sebagian besar waktunya di lingkungan yang sama. Mereka juga tidak berkontak dengan kuman-kuman tak familiar yang perlu dibersihkan.

Anjuran untuk tidak mandi setiap hari juga berlaku bagi lansia karena kulit mereka mudah menjadi kering bila terlalu sering mandi. Kulit yang kering, lanjut Larson, justru dapat membuat lansia lebih rentan terhadap kuman-kuman.

"Umumnya, Anda tak perlu mandi setiap hari, karena Anda sebenarnya mengurangi mekanisme pertahanan normal kulit melawan organisme dan infeksi," ujar Larson.

Asisten profesor di bidang dermatologi Dr Arielle Nagler mengatakan orang yang memiliki kulit kering atau masalah kulit seperti eksim juga sebaiknya menghindari mandi terlalu lama dan terlalu sering. Orang-orang dengan kondisi seperti ini sebaiknya mandi dengan durasi yang lebih cepat dan dengan air dingin.

"Batasi paparan sabun hanya di area yang rentan terhadap bau badan, dan lembapkan (kulit) segera setelah mandi," ungkap Nagler.

Sementara itu, Nagler menganjurkan agar orang-orang yang gemar berolahraga menyesuaikan jadwal mandi dengan jadwal mereka berolahraga. Dengan begitu, mereka dapat menghindari frekuensi mandi yang terlalu sering.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement