Thursday, 20 Muharram 1444 / 18 August 2022

Thursday, 20 Muharram 1444 / 18 August 2022

 

20 Muharram 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

UPI Sumbang 73 Medali Pada PON XX Papua 2021

Rabu 20 Oct 2021 06:34 WIB

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Agus Yulianto

UPI berkontribusi sebanyak 73 medali bagi kontingen Jabar dalam PON XX Papua.

UPI berkontribusi sebanyak 73 medali bagi kontingen Jabar dalam PON XX Papua.

Foto: Istimewa
Secara nasional Kontingen Jawa Barat meraih prestasi dengan meraih 353 medali.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), menyumbang medali cukup banyak pada ajang bergengsi Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021. Sumbangsih prestasi atlet dan official UPI diberikan untuk Kontingen Jawa Barat. 

 

Dalam event itu, UPI berkontribusi sebanyak 73 medali. Rinciannya, 23 medali emas, 20 medali perak serta 30 medali perunggu. Secara nasional Kontingen Jawa Barat meraih prestasi dengan meraih 353 medali dengan capaian 133 medali emas, 105 medali perak dan 115 medali perunggu. 

"Keberhasilan pencapaian prestasi UPI tersebut menjadi faktor penting bagi kontingen Jawa Barat dalam mempertahankan posisi Juara Umum. Selain itu, terdapat 1 mahasiswa UPI juga berhasil meraih prestasi medali emas dari tim kontingen Papua," ujar Rektor UPI Prof. Dr. M. Solehuddin, M.Pd., MA, dalam siaran persnya, Rabu (20/10).

Menurut Solehuddin, keluarga besar UPI menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang tinggi kepada para mahasiswa sebagai atlet serta para dosen dan tenaga kependidikan sebagai tim official. Khususnya, atas keberhasilnya meraih prestasi dan ikut berkontribusi menyumbangkan medali emas, perak dan perunggu bagi kontingen Jawa Barat, Kontingen Papua serta kontingen lainya pada laga PON XX Papua Tahun 2021. 

Menurutnya, kontingen UPI yang tergabung dalam kontingen Jawa Barat terdiri dari tenaga dosen dan tenaga kependidikan sebagai official yang berperan menjadi manajer, koordinator pelatih, pelatih, technical delegate, wasit, koordinator pemenangan, tim pemenangan, satgas pon, panwasrah, wasit, serta asisten/secretariat table. 

Sedangkan mahasiswa yang menjadi atlet, kata dia, terdiri dari mahasiswa pada jenjang Sarjana (S1) pada Fakultas Pendidikan Olaharaga dan Kesehatan (FPOK), UPI Kampus Sumedang dan UPI Kampus Cibiru serta mahasiswa pada jenjang Magister (S2) Pendidikan Olaharaga (S2) serta Magister (S2) Pendidikan Teknologi Kejuruan (PTK) Sekolah Pascasarjana UPI. 

Solehuddin mengatakan, selain peran tenaga dosen, tenaga kependidikan dan mahasiswa, para alumni FPOK juga turut berkontribusi meraih prestasi berbagai medali pada ajang pekan olahraga bergengsi ditingkat nasional tersebut.    

Jumlah keseluruhan atlet dari Universitas Pendidikan Indonesia, kata dia, sebanyak 140 orang. Secara rinci, jumlah atlet  mahasiswa jenjang Sarjana (S1) dan Magister (S2) sebagai atlet yang terlibat dan berpartisipasi pada Pekan Olahraga Nasional XX 2021 sebanyak 78 orang. 

Sebaran atlit mahasiswa dari Universitas Pendidikan Indonesia, kata dia, yaitu 3 mahasiswa dari program studi  Pendidikan Guru Sekolah Dasar Pendidikan Jasmani, 2 mahasiswa dari Program Studi Ilmu Keolahragaan, 8 mahasiswa dari Program Studi Kepelatihan Fisik Olaharaga, 12 mahasiswa dari Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi, 34 mahasiswa dari Pendidikan Kepelatihan Olahraga, 15 mahasiswa dari Program Studi Magister (S2) Pendidikan Olahraga, 1 mahasiswa dari Program Studi Magister (S2) Pendidikan Teknologi Kejuruan (PTK), 3 mahasiswa UPI Kampus Sumedang serta 1 mahasiswa UPI Kampus Cibiru. 

"Jumlah atlet dari alumni FPOK sebanyak 59 orang serta jumlah tenaga dosen sebanyak 17 orang dan tenaga kependidikan 3 orang yang berperan sebagai  sebagai official." katanya. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f

 

 

BERITA LAINNYA

 

 

hide ads show ads
desktop mobile