Selasa 30 Nov 2021 15:01 WIB

Ancaman Varian Omicron dan Optimisme Pemulihan Ekonomi

Kewaspadaan akan mampu membawa ekonomi Indonesia ke dalam pertumbuhan 3,5-4 persen.

Rep: Novita Intan/Haura Hafizhah / Red: Agus Yulianto
Dunia Khawatirkan Varian Omicron
Foto:

Harus siap hadapi Omicron 

Sementara Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan, Indonesia harus lebih siap menghadapi varian baru Covid-19 yaitu Omicron. Dalam hal ini, tetap waspada dan memantau perkembangan varian baru tersebut. 

"Tantangan munculnya varian baru dari Covid-19 yang mulai melanda beberapa negara juga patut menjadi ancaman. Berbekal pengalaman menghadapi varian Delta sebelumnya, Indonesia harus lebih siap," katanya dalam keterangan tertulis, Selasa (30/11).

Muhadjir mengatakan, Indonesia sudah punya pengalaman dalam menghadapi varian Delta. Dengan adanya varian Delta itu juga banyak hikmahnya. Misalnya, sekarang kondisi fasilitas kesehatan sangat bagus, ketersediaan oksigen sangat baik dan tenaga medis juga lebih siap. 

"Jadi, banyak hikmah yang kami petik juga dari wabah,” kata dia.

Dikatakannya, berdasarkan survei Kemendagri, rata-rata tingkat imunitas masyarakat sudah sangat tinggi mencapai 90 persen terutama di kota-kota besar. Artinya, masyarakat sudah cukup kebal menghadapi Covid-19.

 

“Tetapi memang yang kami khawatirkan kalau varian baru ini nanti bisa menghabisi kekebalan-kekebalan yang sudah didapat itu. Ini yang kami waspadai. Pak Presiden sudah menugaskan khusus ke Pak Menkes untuk betul-betul memantau varian baru ini bahkan meminta agar di update per hari," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement