Jumat 03 Dec 2021 01:36 WIB

Sudah Gabung Banser, Erick Dinilai Cocok Juga Gabung PKB

Erick dianggap tepat gabung ke PKB setelah jadi anggota kehormatan GP Ansor.

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Indira Rezkisari
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir resmi menjadi anggota Barisan Ansor Serbaguna (Banser) setelah berhasil mengikuti seluruh rangkaian pendidikan dan pelatihan dasar (Diklatsar) di Sekolah Citra Alam Jagakarsa, Jakarta Selatan, Ahad (28/11).
Foto: Dok. Istimewa
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir resmi menjadi anggota Barisan Ansor Serbaguna (Banser) setelah berhasil mengikuti seluruh rangkaian pendidikan dan pelatihan dasar (Diklatsar) di Sekolah Citra Alam Jagakarsa, Jakarta Selatan, Ahad (28/11).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Jazilul Fawaid, menyambut baik bergabungnya Menteri BUMN Erick Thohir Barisan Ansor Serbaguna (Banser). Menurutnya, Erick juga cocok jika bergabung dengan PKB.

"Kalau sekarang Pak Erick ada di situ bersama-sama kita maka kekuatan barisan ahlusnunnah wal jamaah, kekuatan ulama dan kekuatan barisan NKRI makin tegas," ujar Jazilul lewat keterangan tertulisnya, Kamis (2/12).

Baca Juga

PKB, kata Jazilul, membuka diri kepada Menteri BUMN itu. Apalagi, Erick dipandang sebagai tokoh muda potensial untuk 2025. Sosok Erick dipandang memiliki visi keumatan yang kuat.

"Kalau Pak Erick Thohir masuk politik, cocok itu dengan PKB, sudah pakai baju loreng (Banser), benteng ulama. Ada jalurnya, jalur politiknya ya PKB kalau sudah Ansor, biasanya begitu," ujar Jazilul.

Setelah bergabung dengan Banser, masyarakat Indonesia tentu akan menunggu kiprahnya di badan otonom Nahdlatul Ulama (NU) dari Gerakan Pemuda Ansor itu. Bergabungnya Erick Thohir ke Banser juga akan memberikan keuntungan bagi mantan Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-KH Ma’ruf Amin.

"Intinya adalah beliau itu sebenarnya visinya sama dengan visi keislaman Ansor. Cara pandang terhadap komitmen kebangsaan beliau sama dengan cara pandang Ansor dan Banser," ujar Wakil Ketua MPR itu.

Menteri BUMN Erick Thohir menerima pembaretan Anggota Kehormatan GP Ansor yang dilaksanakan di Sekolah Citra Alam, Ciganjur, Jagakarsa, Jakarta Selatan, Ahad (28/11). Dalam kegiatan tersebut, Erick tidak hanya menerima secara simbolis pembaretan anggota kehormatan GP Ansor tetapi melewati serangkaian proses kegiatan seperti peserta lainnya mulai dari jalan jongkok dan merayap, mencari baret hingga meneriakkan yel-yel.

Erick menyampaikan rasa hormat dan terima kasih kepada seluruh keluarga besar NU khususnya Ansor dan Banser. Bahkan dirinya kerap berdiskusi dengan keluarga besar Banser dalam upaya meningkatkan dan menjaga NKRI ke depan.

“Suatu kehormatan yang luar biasa, diterima menjadi keluarga besar Banser. Banser berkomitmen jihad untuk NKRI, menjunjung tinggi keberagaman dan perbedaan yang menjadi kekuatan bagi Indonesia. Insya Allah, saya akan mewakafkan pikiran saya, energi saya, kemampuan saya untuk kebenaran dan kesejahteraan masyarakat,” kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement