Kamis 09 Dec 2021 13:33 WIB

Bunda Forum Anak Jabar Minta Pelaku Kekerasan Seksual Santri Dihukum Berat

Pelaku kekerasan seksual sangat tidak manusiawi dan mencoreng lembaga pendidikan

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Bilal Ramadhan
Kekerasan Seksual (ilustrasi)
Foto: STRAITS TIMES
Kekerasan Seksual (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Kasus kekerasan seksual terhadap belasan santri di Bandung memperoleh kecaman dari berbagai pihak. Salah satunya, Bunda Forum Anak Daerah (FAD) Provinsi Jawa Barat Atalia Praratya yang meminta pelaku kekerasan seksual terhadap belasan santri di Bandung mendapat hukuman berat.

Karena, tindakan tersebut sangat tidak manusiawi dan mencoreng lembaga pendidikan di Jawa Barat. "Ini bejat sekali ya. Dia harus diberi hukuman berat agar jadi contoh bagi siapapun," ujar Atalia di Bandung, Kamis (9/12).

Baca Juga

Atalia mengatakan, kasus tersebut terungkap pada Mei lalu. Bahkan, Atalia pun sempat turun langsung mendatangi keluarga dan korban untuk memberikan dukungan moral dan psikologis.

"Saya dengan P2TP2A sudah mengetahui kejadian ini sejak Mei lalu. Bahkan saya datang sendiri datang memberi semangat, ngobrol langsung dengan para korban. Saat itu, ada 20-an orang yang ada di rumah aman kami," paparnya.

Emil menjelaskan, sejak kasus terungkap, Pemprov Jabar sudah memberikan pendampingan maksimal bagi para korban. "Semua sudah mendapat penanganan dari tim kita dan Pemda setempat. Mereka sedang trauma healing," katanya.

Atalia pun berharap, para orangtua bisa lebih teliti dalam memilih sekolah dan memberikan edukasi tentang pelecehan dan kekerasan seksual.

"Bayangkan, orangtua menyekolahkan anaknya dengan harapan anaknya mendapat pendidikan yang baik. Orangtua harus jeli memilih sekolah juga, kalau pesantren tidak boleh ada lintas gender di ruang privat. Karena katanya pelaku punya akses sendiri ke kamar korban. Jadi harus dipantau," paparnya.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اِذْ جَعَلَ الَّذِيْنَ كَفَرُوْا فِيْ قُلُوْبِهِمُ الْحَمِيَّةَ حَمِيَّةَ الْجَاهِلِيَّةِ فَاَنْزَلَ اللّٰهُ سَكِيْنَتَهٗ عَلٰى رَسُوْلِهٖ وَعَلَى الْمُؤْمِنِيْنَ وَاَلْزَمَهُمْ كَلِمَةَ التَّقْوٰى وَكَانُوْٓا اَحَقَّ بِهَا وَاَهْلَهَا ۗوَكَانَ اللّٰهُ بِكُلِّ شَيْءٍ عَلِيْمًا ࣖ
Ketika orang-orang yang kafir menanamkan kesombongan dalam hati mereka (yaitu) kesombongan jahiliah, lalu Allah menurunkan ketenangan kepada Rasul-Nya, dan kepada orang-orang mukmin; dan (Allah) mewajibkan kepada mereka tetap taat menjalankan kalimat takwa dan mereka lebih berhak dengan itu dan patut memilikinya. Dan Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.

(QS. Al-Fath ayat 26)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement