Sabtu 18 Dec 2021 05:27 WIB

Senat AS Setujui Nicholas Burns Jadi Dubes China

Senat AS menyetujui Nicholas Burns untuk menjadi duta besar untuk China

Red: Christiyaningsih
Senat AS menyetujui Nicholas Burns untuk menjadi duta besar untuk China.
Senat AS menyetujui Nicholas Burns untuk menjadi duta besar untuk China.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON - Senat AS pada Kamis menyetujui Nicholas Burns untuk menjadi duta besar untuk China. Burns mengantongi 75 suara dan akan mewakili AS setelah hubungannya dengan China berada di titlk terendah. 

Kedua negara telah berselisih atas sejumlah masalah, termasuk perdagangan, Taiwan, dan aktivitas militer China di Laut China Selatan serta pelanggaran hak asasi manusia di wilayah Xinjiang China. Jabatan duta besar AS telah kosong sejak mantan duta besar Terry Branstad meninggalkan Beijing pada Oktober 2020 di bawah mantan presiden Donald Trump.

Baca Juga

Burns dinominasikan oleh Presiden Joe Biden pada Agustus. Persetujuan untuk Burn datang beberapa jam setelah Senat AS mengesahkan undang-undang yang melarang barang-barang dari wilayah Xinjiang yang mayoritas Muslim di China diproduksi dengan kerja paksa.

Undang-Undang Pencegahan Kerja Paksa Uighur disetujui secara bulat oleh majelis tinggi Kongres. Kemudian disetujui Dewan Perwakilan Rakyat pada Selasa.

RUU tersebut berusaha untuk memastikan bahwa barang-barang yang dibuat dengan kerja paksa dari Uighur dan lainnya di Xinjiang tidak memasuki pasar AS. RUU juga mengharuskan perusahaan untuk membuktikan bahwa mereka tidak mengimpor barang dari Xinjiang yang berasal dari kerja paksa.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
لَا يَسْتَوِى الْقَاعِدُوْنَ مِنَ الْمُؤْمِنِيْنَ غَيْرُ اُولِى الضَّرَرِ وَالْمُجَاهِدُوْنَ فِيْ سَبِيْلِ اللّٰهِ بِاَمْوَالِهِمْ وَاَنْفُسِهِمْۗ فَضَّلَ اللّٰهُ الْمُجٰهِدِيْنَ بِاَمْوَالِهِمْ وَاَنْفُسِهِمْ عَلَى الْقٰعِدِيْنَ دَرَجَةً ۗ وَكُلًّا وَّعَدَ اللّٰهُ الْحُسْنٰىۗ وَفَضَّلَ اللّٰهُ الْمُجٰهِدِيْنَ عَلَى الْقٰعِدِيْنَ اَجْرًا عَظِيْمًاۙ
Tidaklah sama antara orang beriman yang duduk (yang tidak turut berperang) tanpa mempunyai uzur (halangan) dengan orang yang berjihad di jalan Allah dengan harta dan jiwanya. Allah melebihkan derajat orang-orang yang berjihad dengan harta dan jiwanya atas orang-orang yang duduk (tidak ikut berperang tanpa halangan). Kepada masing-masing, Allah menjanjikan (pahala) yang baik (surga) dan Allah melebihkan orang-orang yang berjihad atas orang yang duduk dengan pahala yang besar,

(QS. An-Nisa' ayat 95)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement