Senin 20 Dec 2021 14:58 WIB

Negara Islam Siapkan Dana Perwalian Kemanusiaan untuk Afghanistan

OKI akan memainkan peran utama dalam pengiriman bantuan kemanusiaan Afghanistan.

Rep: Mabruroh/Kiki Sakinah/Kamran Dikarma/ Red: Ani Nursalikah
Negara Islam Siapkan Dana Perwalian Kemanusiaan untuk Afghanistan. Seorang anak berdiri di luar rumahnya di lingkungan tempat banyak pengungsi internal telah tinggal selama bertahun-tahun, di Kabul, Afghanistan, Selasa, 7 Desember 2021.
Foto:

Negara-negara Islam bertemu di Pakistan pada Ahad (19/12) untuk sebuah pembicaraan luar biasa sebagai bagian dari upaya untuk mencegah situasi di negara tetangga Afghanistan menjadi lebih buruk. Afghanistan yang dipimpin oleh Taliban tengah menghadapi krisis kemanusiaan dan ekonomi. 

Lebih dari 20 juta warga Afghanistan menghadapi kelaparan sejak Taliban menyerbu ibu kota Kabul pada pertengahan Agustus 2021. Runtuhnya sistem perbankan Afghanistan juga telah memperumit masalah pengiriman bantuan kemanusiaan yang sudah rumit.

Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi menghadiri pertemuan luar biasa Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) tentang Afghanistan yang dihelat di Islamabad, Pakistan, Ahad (19/12). Pada kesempatan itu, dia menyampaikan Indonesia siap berkontribusi mengatasi krisis kemanusiaan di Afghanistan.

Retno menjelaskan, pertemuan OKI tersebut merupakan momentum yang baik untuk menangani tiga isu sebagai satu kesatuan. Pertama, OKI harus bisa memobilisasi dukungan dan sumber daya guna mengatasi krisis kemanusiaan di Afghanistan.

"Dalam kaitan ini saya telah sampaikan, Indonesia siap berkontribusi. Indonesia saat ini menyiapkan bantuan makanan, berkoordinasi dengan badan PBB yang berada di lapangan," kata Retno dalam keterangan persnya yang diterbitkan situs Kementerian Luar Negeri.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement