Senin 20 Dec 2021 14:58 WIB

Negara Islam Siapkan Dana Perwalian Kemanusiaan untuk Afghanistan

OKI akan memainkan peran utama dalam pengiriman bantuan kemanusiaan Afghanistan.

Rep: Mabruroh/Kiki Sakinah/Kamran Dikarma/ Red: Ani Nursalikah
Negara Islam Siapkan Dana Perwalian Kemanusiaan untuk Afghanistan. Seorang anak berdiri di luar rumahnya di lingkungan tempat banyak pengungsi internal telah tinggal selama bertahun-tahun, di Kabul, Afghanistan, Selasa, 7 Desember 2021.
Foto:

Kedua, penting dibuat roadmap mengenai pemenuhan komitmen Taliban setelah mereka menguasai kembali Afghanistan pertengahan Agustus lalu. Antara lain, membentuk pemerintahan inklusif, menghormati HAM, termasuk hak perempuan serta anak perempuan, dan tidak menjadikan Afghanistan sebagai sarang terorisme.

"Saya tekankan, semua inisiatif OKI akan sulit diimplementasikan tanpa adanya kemajuan signifikan dari Taliban untuk memenuhi janji-janjinya," kata Retno.

Menurut dia, pendekatan "help us to help you" perlu diterapkan dengan Taliban. Isu ketiga yakni OKI dapat berperan sebagai jembatan dengan negara donor. Retno berpendapat, sebuah roadmap bantuan kemanusiaan dan penyaluran kebutuhan keuangan dapat dibahas dengan donor di berbagai forum terkait.

"Saya tekankan kembali bahwa tiga hal ini sangat penting artinya bagi terciptanya Afghanistan yang damai, stabil, dan sejahtera," ujar Retno.

Pada bagian akhir pernyataannya di pertemuan OKI, Retno mengingatkan, perhimpunan tersebut tidak boleh melupakan Palestina. "Saya sampaikan, Indonesia konsisten akan selalu bersama rakyat Palestina dalam perjuangannya memperoleh keadilan dan kemerdekaannya," kata dia.

photo
Bantuan kemanusiaan untuk Afghanistan - (Republika)

 

https://www.aa.com.tr/en/asia-pacific/oic-to-set-up-humanitarian-trust-fund-for-afghanistan/2451845

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement