Wednesday, 30 Zulqaidah 1443 / 29 June 2022

Wednesday, 30 Zulqaidah 1443 / 29 June 2022

30 Zulqaidah 1443
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Rita Wilson Diketahui Sakit Kanker karena Lakukan Second Opinion

Senin 20 Dec 2021 09:42 WIB

Rep: Desy Susilawati/ Red: Nora Azizah

Pada pemeriksaan pertama, Rita Wilson dinyatakan tidak mengidap kanker (Foto: Rita Wilson)

Pada pemeriksaan pertama, Rita Wilson dinyatakan tidak mengidap kanker (Foto: Rita Wilson)

Foto: EPA-EFE
Pada pemeriksaan pertama, Rita Wilson dinyatakan tidak mengidap kanker.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Belum lama ini penyanyi Rita Wilson membuka diri tentang kanker payudara yang dideritanya. Aktris itu membagikan kisah pertempurannya dengan kanker, dan waku pertama kali mendeteksinya.

"Saya mengambil cuti dari drama Broadway Fish in the Dark untuk menangani masalah kesehatan pribadi," ujar Wilson seperti dilansir dari laman HelloGiggles, Senin (20/12). 

Baca Juga

Dia mengungkapkan telah menjalani mastektomi bilateral dan rekonstruksi untuk kanker payudara setelah diagnosis karsinoma lobular invasif. Wilson diketahui mengidap kanker saat melakukan 'second opinion' terhadap penyakitnya.

"Saya pulih dan diharapkan untuk membuat pemulihan penuh. Mengapa? Karena saya mengetahuinya lebih awal, memiliki dokter yang sangat baik, dan karena saya memiliki pendapat kedua," ujar istri dari aktor Tom Hanks ini dalam unggahan di Facebook.

Wilson terus berbagi pentingnya mendapatkan opini kedua dalam sakit kanker. Wilson menjelaskan, dia memiliki kondisi yang mendasari LCIS (karsinoma lobular) yang telah dipantau dengan cermat melalui mammogram tahunan dan MRI payudara. Kemudian, setelah menjalani dua kali biopsi payudara, diketahui bahwa ia menderita PLCIS (pleomorphic carcinoma). 

"Saya menyebutkan ini karena banyak yang tidak diketahui tentang PLCIS dan sering ditemukan bersamaan dengan DCIS (ductal carcinoma)," katanya.

Pada awalnya, dia merasa lega ketika biopsi awal menunjukkan dia tidak menderita kanker. Namun, temannya yang juga menderita kanker payudara, mendesaknya untuk mendapatkan opini kedua. Saat itulah ahli patologi lain menemukan bahwa dia memang menderita kanker.

"Saya membagikan ini untuk mendidik orang lain bahwa opini kedua sangat penting untuk kesehatan Anda. Anda tidak akan rugi jika kedua pendapat cocok untuk kebaikan, dan segala sesuatu untuk mendapatkan jika sesuatu yang terlewatkan ditemukan, yang memang terjadi. Diagnosis dini adalah kuncinya. Saya harap ini akan mendorong orang lain untuk mendapatkan pendapat kedua dan untuk mempercayai insting mereka jika ada sesuatu yang 'terasa' tidak benar," ungkapnya.

Wilson menyarankan untuk memeriksakan diri. Selain itu, pendapat kedua sangat penting, dan mereka dapat menyelamatkan nyawa. Tubuh Anda tahu apa yang terjadi, dan tidak ada yang bisa merasakannya lebih baik dari diri sendiri.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
hide ads show ads
desktop mobile