Jumat 21 Jan 2022 16:08 WIB

Mesir Umumkan Pembatasan Perjalanan di Bandara

Mesir mengalami lonjakan signifikan varian Omicron.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Pekerja di sebuah pabrik yang memproduksi masker bedah, di Kairo, Mesir, 14 Juni 2020. Negara-negara di seluruh dunia mengambil langkah-langkah peningkatan untuk membendung penyebaran virus corona SARS-CoV-2 yang menyebabkan penyakit Covid-19. Mesir Umumkan Pembatasan Perjalanan di Bandara
Foto: EPA-EFE/Mohamed Hossam
Pekerja di sebuah pabrik yang memproduksi masker bedah, di Kairo, Mesir, 14 Juni 2020. Negara-negara di seluruh dunia mengambil langkah-langkah peningkatan untuk membendung penyebaran virus corona SARS-CoV-2 yang menyebabkan penyakit Covid-19. Mesir Umumkan Pembatasan Perjalanan di Bandara

REPUBLIKA.CO.ID, KAIRO -- Mesir telah mengumumkan pembatasan baru di bandara, pelabuhan laut, dan penyeberangan darat. Pembatasan dilakukan setelah negara itu menyaksikan lonjakan signifikan dalam infeksi harian dan melaporkan Omicron yang sangat menular sebagai varian dominan saat ini.

“Mulai 22 Januari pelancong Mesir dan asing ke Mesir, kecuali anak-anak di bawah usia 12 tahun, akan memerlukan sertifikat vaksinasi virus corona atau hasil negatif tes virus corona,” kata Penjabat Menteri Kesehatan Khaled Abdel-Ghaffar, dilansir dari Ahram Online, Jumat (21/1).

Baca Juga

Tes virus corona harus dilakukan dalam waktu 72 jam setelah kedatangan ke pelabuhan Mesir. Kemudian sertifikat vaksinasi harus menunjukkan pelancong telah menerima vaksin dosis tunggal atau dosis terakhir dari vaksin dua kali suntikan setidaknya 14 hari sebelum kedatangan.

“Wisatawan juga harus menunjukkan bahwa mereka menggunakan vaksin yang disetujui oleh Organisasi Kesehatan Dunia atau Otoritas Obat Mesir (EDA),” kata Abdel-Ghaffar.

EDA telah memberikan persetujuan darurat untuk semua vaksin virus corona Sinopharm, Sinovac, AstraZeneca, Sputnik V, Moderna, Pfizer, dan Johnson & Johnson. Jika pelancong tidak divaksinasi, mereka harus menunjukkan tes virus corona negatif di antara mereka yang diakreditasi oleh kementerian kesehatan Mesir, yaitu tes PCR atau Tes Cepat Antigen atau tes ID Now.

Namun, negara itu tidak akan menerima tes ID NOW COVID-19 dari pelancong yang datang dari Afrika Selatan, Botswana, Mozambik, Namibia, Lesotho, Zimbabwe dan Eswatini. Beberapa negara menghentikan perjalanan dari negara-negara di Afrika selatan, tempat Omicron pertama kali dilaporkan. Pada Desember, maskapai penerbangan Mesir EgyptAir mengumumkan melanjutkan penerbangan ke Johannesburg, Afrika Selatan, hanya dua minggu setelah mereka ditangguhkan. Mesir juga mengumumkan langkah-langkah pengetatan virus corona pada November untuk pelancong dari negara-negara tersebut.

“Wisatawan yang tes virus corona atau sertifikat vaksinnya tidak sesuai dengan standar yang ditetapkan harus mengikuti tes cepat antigen,” kata Kepala Departemen Pengobatan Pencegahan Kementerian Kesehatan Amr Qandil.

Jika seorang pelancong dites positif terkena virus corona, mereka harus melakukan karantina sendiri di hotel atau tempat tinggal mereka selama lima hari. Pada hari keenam, mereka akan menjalani tes PCR dan akan diizinkan untuk mengakhiri karantina jika mereka dinyatakan negatif dan tidak menunjukkan gejala sakit.

“Jika dinyatakan positif, mereka harus dikarantina selama lima hari lagi dan meninggalkan karantina pada hari keenam tanpa harus mengikuti tes lagi,” ujar Qandil.

https://english.ahram.org.eg/NewsContent/1/1236/456692/Egypt/Health/Egypt-announces-new-travel-restrictions-at-airport.aspx

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
كَانَ النَّاسُ اُمَّةً وَّاحِدَةً ۗ فَبَعَثَ اللّٰهُ النَّبِيّٖنَ مُبَشِّرِيْنَ وَمُنْذِرِيْنَ ۖ وَاَنْزَلَ مَعَهُمُ الْكِتٰبَ بِالْحَقِّ لِيَحْكُمَ بَيْنَ النَّاسِ فِيْمَا اخْتَلَفُوْا فِيْهِ ۗ وَمَا اخْتَلَفَ فِيْهِ اِلَّا الَّذِيْنَ اُوْتُوْهُ مِنْۢ بَعْدِ مَا جَاۤءَتْهُمُ الْبَيِّنٰتُ بَغْيًا ۢ بَيْنَهُمْ ۚ فَهَدَى اللّٰهُ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا لِمَا اخْتَلَفُوْا فِيْهِ مِنَ الْحَقِّ بِاِذْنِهٖ ۗ وَاللّٰهُ يَهْدِيْ مَنْ يَّشَاۤءُ اِلٰى صِرَاطٍ مُّسْتَقِيْمٍ
Manusia itu (dahulunya) satu umat. Lalu Allah mengutus para nabi (untuk) menyampaikan kabar gembira dan peringatan. Dan diturunkan-Nya bersama mereka Kitab yang mengandung kebenaran, untuk memberi keputusan di antara manusia tentang perkara yang mereka perselisihkan. Dan yang berselisih hanyalah orang-orang yang telah diberi (Kitab), setelah bukti-bukti yang nyata sampai kepada mereka, karena kedengkian di antara mereka sendiri. Maka dengan kehendak-Nya, Allah memberi petunjuk kepada mereka yang beriman tentang kebenaran yang mereka perselisihkan. Allah memberi petunjuk kepada siapa yang Dia kehendaki ke jalan yang lurus.

(QS. Al-Baqarah ayat 213)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement