Jumat 25 Feb 2022 14:51 WIB

Pagi yang Mengerikan, Warga Ukraina Terbangun karena Ledakan Rudal

Warga Ukraina berbondong ke stasiun metro, tempat yang dipikir paling aman.

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Friska Yolandha
Warga berlindung di basement di tengah gempuran Rusia di Kyiv, Ukraina, Jumat (25/2/2022)
Foto:

Seiring berjalannya hari, alarm peringatan meningkat di seluruh Ukraina. Orang-orang memadati toko kelontong.  Di Kharkiv, warga memeriksa pecahan perangkat keras militer yang berserakan di taman bermain anak-anak.

Walikota Kyiv, Vitaly Klitschko meminta 3 juta orang kota untuk tinggal di dalam rumah kecuali mereka bekerja di sektor-sektor kritis. Dia mengatakan setiap orang harus menyiapkan tas dengan kebutuhan seperti obat-obatan dan dokumen.

Dalam waktu satu jam setelah hari mulai gelap, stasiun metro ibu kota telah dipenuhi oleh keluarga dan anak-anak. Mereka mengobrol, bermain, dan makan malam di stasiun metro bawah tanah. Orang-orang membawa kantong tidur dan selimut. Beberapa tampak sangat tersentuh oleh apa yang terjadi di negara mereka.

 “(Saya di sini) karena saya pikir itu adalah satu-satunya tempat saat ini di mana Anda dapat bersembunyi di Kyiv.  Semua tempat lain tampak menakutkan," kata seorang warga Bogdan Voytenko, yang berlindung di stasiun metro bawah tanah. 

Voytenko mengatakan, dia berniat untuk bermalam di tempat penampungan bom darurat bersama dengan dua temannya. Mereka telah membawa persediaam makanan seperti kacang-kacangan dan buah-buahan kering, serta kantong tidur.

“Tidak ada yang percaya bahwa perang ini akan dimulai, dan bahwa mereka akan merebut Kyiv secara langsung,” kata warga lainnya Anton Mironov, yang juga berlindung di stasiun metro.

Warga lainnya, Euhenia Lysenko dan Anna Dudka mengatakan, mereka terkejut bahwa Rusia telah meluncurkan invasi skala penuh, dan ibu kota telah diserang. Dudka menambahkan, pada Kamis pagi terjadi kepanikan dan orang-orang menjadi histeris.

photo
Sebuah kendaraan rusak dan puing-puing menyusul penembakan Rusia di luar Mariupol, Ukraina, Kamis, 24 Februari 2022. Rusia telah meluncurkan rentetan serangan udara dan rudal di Ukraina Kamis pagi dan pejabat Ukraina mengatakan bahwa pasukan Rusia telah meluncur ke negara itu dari utara, timur dan selatan. - (AP/Sergei Grits)

“Pada pagi hari, ada kepanikan total dan histeris. Air mata berjatuhan dan ada ketakutan terhadap  kerabat Anda, dan orang yang Anda cintai. Tidak tahu apa yang harus dilakukan, ke mana harus lari, atau bagaimana harus bersikap," kata Dudka.

Selama berminggu-minggu, Presiden Volodymyr Zelenskyy telah mencoba untuk memoderasi ekspektasi agresi oleh Rusia, bahkan ketika peringatan oleh Amerika Serikat menjadi lebih mendesak. Zelenskyy berpendapat bahwa kepanikan akan menyebabkan destabilisasi sosial yang bisa menjadi keuntungan taktis bagi Rusia. Pada Kamis, ketika presiden memberlakukan darurat militer, warga Ukraina terkejut menyadari bahwa semuanya telah berubah.

“Saya merasa panik, takut, dan bersemangat. Saya tidak tahu kepada siapa saya harus meminta bantuan. Kami tidak percaya situasi ini akan datang," kata seorang warga Kyiv, Elizaveta Melnik.  

Warga Ukraina di kota barat Lviv, yang tidak jauh dari Polandia, mulai berbaris di luar toko senjata. Hal ini didorong oleh permintaan pemerintah yang menyerukan kepada warga untuk bergabung dengan pertahanan nasional.

“Kami bertahan dan tidak menyerang. Ini adalah tanah kami, dan kami akan berjuang sampai akhir." kata seorang warga yang hanya menyebut namanya sebagai Yuri. 

 

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
خَلَقَكُمْ مِّنْ نَّفْسٍ وَّاحِدَةٍ ثُمَّ جَعَلَ مِنْهَا زَوْجَهَا وَاَنْزَلَ لَكُمْ مِّنَ الْاَنْعَامِ ثَمٰنِيَةَ اَزْوَاجٍ ۗ يَخْلُقُكُمْ فِيْ بُطُوْنِ اُمَّهٰتِكُمْ خَلْقًا مِّنْۢ بَعْدِ خَلْقٍ فِيْ ظُلُمٰتٍ ثَلٰثٍۗ ذٰلِكُمُ اللّٰهُ رَبُّكُمْ لَهُ الْمُلْكُۗ لَآ اِلٰهَ اِلَّا هُوَۚ فَاَنّٰى تُصْرَفُوْنَ
Dia menciptakan kamu dari diri yang satu (Adam) kemudian darinya Dia jadikan pasangannya dan Dia menurunkan delapan pasang hewan ternak untukmu. Dia menjadikan kamu dalam perut ibumu kejadian demi kejadian dalam tiga kegelapan. Yang (berbuat) demikian itu adalah Allah, Tuhan kamu, Tuhan yang memiliki kerajaan. Tidak ada tuhan selain Dia; maka mengapa kamu dapat dipalingkan?

(QS. Az-Zumar ayat 6)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement