Senin 14 Mar 2022 11:24 WIB

Aktor Peraih Oscar William Hurt Meninggal Dunia, Apa Saja Film Terbaiknya?

Terkenal sejak 1980-an, William Hurt juga main di film Marvel sebagai Thaddeus Ross.

Red: Reiny Dwinanda
Aktor William Hurt meninggal dunia pada Ahad (13/3/2022). Hurt terkenal sejak 1980-an dan masih aktif main film hingga akhir hayatnya, termasuk membintangi Black Widow (2021).
Foto: Rich Fury/Invision/AP, File
Aktor William Hurt meninggal dunia pada Ahad (13/3/2022). Hurt terkenal sejak 1980-an dan masih aktif main film hingga akhir hayatnya, termasuk membintangi Black Widow (2021).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Aktor pemenang piala Oscar William Hurt dilaporkan meninggal dunia di usianya yang ke-71 tahun. Ia dikenal melalui film-film populernya di tahun '80-an seperti Body Heat, Kiss of the Spider Woman, Children of a Lesser God, dan Broadcast News.

Hurt meninggal pada Ahad (13/3/2022) waktu setempat, di rumahnya di Portland, Oregon, Amerika Serikat, kata salah satu dari tiga putranya, Will, kepada The Hollywood Reporter. Dia tidak menjelaskan penyebab kematian ayahnya.

Baca Juga

Terlatih di atas panggung, Hurt membuat debutnya di layar lebar sebagai psikopatologis terobsesi yang bereksperimen dengan deprivasi sensorik dan tangki pengapungan di Altered States. Film rilisan 1980 itu skenarionya ditulis oleh Paddy Chayefsky dan disutradarai oleh Ken Russell.

Setahun kemudian, Hurt mendapatkan pengakuan ketika memerankan karakter pengacara dalam film thriller noir Body Heat yang dipimpin oleh Lawrence Kasdan dalam debut penyutradaraannya. Selanjutnya, Hurt menonjol dalam pemeran ansambel yang luar biasa sebagai veteran Perang Vietnam yang rusak secara emosional dalam The Big Chill (1983), yang juga disutradarai oleh Kasdan.

Hurt menerima banyak pujian kritis dan piala Oscar untuk perannya sebagai Luis Molina di Kiss of the Spider Woman. Film keluaran 1985 itu disutradarai oleh Hector Babenco.

Hurt kembali dinominasikan untuk aktor terbaik selama dua tahun berikutnya. Dia diakui untuk karyanya sebagai James Leeds, seorang guru di sekolah untuk gangguan pendengaran, di Children of a Lesser God (1986) karya Randa Haines.

Pada 1987, Hurt mendapat nominasi Oscar dari perannya sebagai pembawa berita Tom Grunick di Broadcast News arahan oleh James L Brooks. Hurt muncul kembali dalam nominasi Oscar keempatnya, yang ini untuk aktor pendukung untuk penampilannya sebagai bos mafia yang jahat dalam A History of Violence (2005) karya David Cronenberg.

Hurt juga muncul sebagai karakter Thaddeus "Thunderbolt" Ross dalam film Marvel The Incredible Hulk (2008), Captain America: Civil War (2016), Avengers: Infinity War (2018), Avengers: Endgame (2019). Dia juga main di Black Widow (2021).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement