Kamis 17 Mar 2022 12:30 WIB

Khawatir Wajib Militer, Rusia Antiperang Berduyun-duyun ke Uzbekistan

Sejumlah rakyat Rusia enggan ikut wajib militer.

Rep: Mabruroh/ Red: Muhammad Hafil
Khawatir Wajib Militer, Rusia anti-Perang Berduyun-duyun ke Uzbekistan. Foto: Orang-orang membersihkan puing-puing sebuah bangunan yang rusak akibat penembakan di Kyiv, Ukraina, 15 Maret 2022. Pada 24 Februari, pasukan Rusia memasuki wilayah Ukraina yang oleh presiden Rusia dinyatakan sebagai
Foto: EPA-EFE/MIGUEL A. LOPES
Khawatir Wajib Militer, Rusia anti-Perang Berduyun-duyun ke Uzbekistan. Foto: Orang-orang membersihkan puing-puing sebuah bangunan yang rusak akibat penembakan di Kyiv, Ukraina, 15 Maret 2022. Pada 24 Februari, pasukan Rusia memasuki wilayah Ukraina yang oleh presiden Rusia dinyatakan sebagai

REPUBLIKA.CO.ID,MOSKOW — Desas-desus wajib militer di kalangan pemuda Rusia mulai meluas. Mereka yang meyakini kabar tersebut, memutuskan meninggakan Rusia menuju Uzbekistan. 

Salah satunya diungkapkan oleh Ali (29 tahun) yang meninggalkan Moskow pada 5 Maret lalu. Ia tiba di kota kuno Bukhara di Uzbekistan, tempat yang tidak pernah dia pertimbangkan untuk dikunjungi.

Baca Juga

“Saya pergi ketika saya mendengar desas-desus tentang penerapan darurat militer di Rusia dan penutupan perbatasan. Saya mengambil tiket termurah dan kebetulan Bukhara,” kata Ali dilansir dari Aljazira, Kamis (17/3/2022).

“Setiap orang yang mengetahui sejarah dan yang memiliki hati tidak akan setuju dengan apa yang terjadi di Ukraina. Kami memahami betapa kejahatan di abad ke-21 menyerang negara yang tidak berencana menyerang Anda,” katanya lagi.

Sebagian besar warga Rusia mendukung perang, karena mereka semua percaya bahwa ada Nazi di Ukraina. Namun sebagian yang lain, selama beberapa minggu terakhir telah memutuskan untuk meninggalkan tanah air mereka karena perang melawan Ukraina.

Sekitar 25 ribu orang pindah ke Georgia, sementara yang lain melarikan diri ke Armenia, Turki atau negara-negara Nordik seperti Finlandia. 

Georgia, dilaporkan tidak senang dengan masuknya orang-orang dari Rusia yang pernah menginvasi negara mereka pada 2008. Rusia telah berbicara tentang Russophobia yang meluas dan kesulitan dalam menemukan apartemen dan memulai dari awal.

Tidak jelas berapa banyak orang yang memilih Uzbekistan. Tetapi, menurut penduduk setempat, ribuan orang Rusia telah muncul di jalan-jalan ibu kota Tashkent dalam beberapa pekan terakhir, serta di kota-kota kecil.

Menurut para sukarelawan, sebagian besar pendatang baru Rusia adalah spesialis berkualitas tinggi atau bagian dari kelas kreatif liberal, sebagian besar kekurangan kader di Uzbekistan.

Selama bertahun-tahun, negara Asia Tengah yang konservatif telah menyaksikan arus keluar kaum muda terdidik secara teratur, terutama ke Moskow.

“Mayoritas pendatang baru menentang politik Rusia, sejauh yang saya tahu. Orang-orang tidak mau ambil bagian dalam perang ini. Mereka mencoba melarikan diri dari wajib militer dan menginginkan kehidupan yang lebih nyaman dan damai,” kata Sabina Suleymanoglu, seorang produser dengan 139 Documentary Centre, pusat budaya di Tashkent.

“Perang itu bukan pilihan mereka, ini bukan perang mereka,” tambahnya.

Menurut seorang manajer SDM dari Moskow, Jonibek (29) telah memesan tiketnya pada 27 Februari, tiga hari setelah perang dimulai. Dia mengemas beberapa barang penting seperti sebuah laptop, dua ponsel, dan beberapa pakaian. Dia meninggalkan orang tuanya dan apartemennya.

“Saya mengikuti saluran telegram Ukraina dan saya melihat bahwa tentara kita tidak menang, yang berarti mobilisasi umum akan segera dilakukan. Lebih baik pergi sekarang daripada menyesal nanti,” kata Jonibek.

Dia tidak memberikan nama keduanya, takut keluarganya di Moskow akan menghadapi pembalasan.

“Mati untuk prinsip-prinsip yang tidak dapat dijelaskan itu bodoh. Saya mengerti bahwa Ukraina sekarat untuk tanah air mereka, tapi kami? Saya tidak menyesal, saya melihat ke mana arah seluruh ekonomi, tidak akan ada permintaan, akan ada devaluasi rubel dan semuanya akan runtuh,” terangnya.

Jonibek sekarang tinggal bersama neneknya di Samarkand dan akan segera berangkat ke Tashkent. Dia tidak tahu apakah dia akan tinggal di Uzbekistan.

“Rusia tidak memiliki masa depan, itu akan segera berantakan tanpa spesialis dan perusahaan asing,” katanya.

Namun kemarahannya tidak hanya ditujukan kepada Rusia. Ia memiliki banyak pertanyaan untuk Barat terkait sanksi. 

“Sekarang tiran ini mulai melawan negara lain dan kami menderita. Sayang sekali semua akun kami diblokir dan kami tidak dapat menarik uang untuk pergi atau bertahan hidup di luar negeri,” kata Jonibek, merujuk pada Presiden Rusia Vladimir Putin.

“Saya beruntung karena saya bisa tinggal di sini di tempat yang tenang secara gratis, tetapi baru kemarin teman saya dipukuli di kantor polisi di Moskow karena dia ikut dalam rapat umum. Dia ingin pergi tetapi dia tidak bisa, dia tidak punya uang dan tidak ada tabungan,” ungkapnya.

Menurut pengamat, korupsi dan sistem otoriter menghambat perkembangan Uzbekistan selama bertahun-tahun. Tetapi sejak Shavkat Mirziyoyev berkuasa sebagai presiden pada 2016, negara itu telah melihat beberapa reformasi ekonomi yang positif.

Kini, sejumlah kalangan di Uzbekistan berharap kehadiran ribuan tenaga ahli dari Rusia akan berdampak positif bagi perekonomian dan industri kreatif.

Relawan telah menciptakan jaringan online untuk membantu orang Rusia pindah, menetap, dan menghubungkan mereka dengan perusahaan yang merekrut.

“Beberapa orang ingin tinggal di sini. Mereka sudah mulai membuat kontak dan mencari tawaran pekerjaan. Saya bertemu dengan beberapa desainer hari ini dan memperkenalkan mereka ke perusahaan produksi lokal. Ada banyak jaringan yang terjadi,” kata Suleymanoglu.

“Restoran penuh dengan orang asing akhir-akhir ini, jadi saya pikir sektor jasa akan menikmati booming dan ekonomi akan tumbuh. Ada banyak orang yang terdidik dan menarik: seniman, desainer, orang IT. Mereka semua liberal dan berpikiran terbuka,” ungkapnya seolah mendukung pendatang Rusia. 

Sebuah pertanyaan yang belum terjawab, bagaimanapun, adalah bagaimana pemerintah Uzbekistan akan menanggapi masuknya massa Moskow pinggul. Di satu sisi, negara membutuhkan spesialis, tetapi di sisi lain, kerumunan mungkin tidak sesuai dengan selera otoritas Uzbekistan.

Satu individu yang menjadi sasaran daftar sanksi Barat adalah Alisher Usmanov, rekan dekat Putin dan seorang etnis Uzbekistan yang memiliki hubungan dengan pemerintah Uzbekistan. Seorang menantu Mirziyoyev bekerja di salah satu perusahaan Usmanov.

Sementara itu, media lokal yang menyatakan simpati pro-Ukraina dilaporkan telah diminta untuk menulis dengan cara yang lebih netral. Sementara Imam Abror Mukhtor Ali yang berbasis di Tashkent, yang bekerja di Pusat Peradaban Islam yang disponsori pemerintah, baru-baru ini menyatakan bahwa jika Putin gagal di Ukraina, Barat akan menyerang Asia Tengah.

Sejauh ini, tidak jelas berapa banyak orang Rusia yang akan memutuskan untuk tinggal di Uzbekistan. Namun terlepas dari situasinya, suasana di Tashkent adalah harapan.

“Saya bangga dengan orang-orang di Tashkent,” kata Suleymanoglu. “Beberapa penduduk setempat tidak setuju dengan pandangan liberal pendatang baru tetapi senang mereka datang. Ini adalah reaksi khas Uzbekistan terhadap para tamu, kami selalu senang ketika orang-orang datang ke sini,” kata dia. 

Sumber:

https://www.aljazeera.com/news/2022/3/16/fearing-conscription-anti-war-russians-flock-to-uzbekistan

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement