Selasa 10 May 2022 07:36 WIB

Raih Gelar Adat Tuan Penata Negara, Anies: Insya Allah akan Kami Jalani Sebaik-baiknya

Anies raih gelar Tuan Penata Negara dari Federasi Marga empat Tulang Bawang Barat.

Red: Teguh Firmansyah
Anies Baswedan memperoleh gelar kehormatan Adat Lampung Pepadun, Tuan Penata Negarou (Tuan Penata Negara).
Foto: Tangkapan Layar Instagram Anies
Anies Baswedan memperoleh gelar kehormatan Adat Lampung Pepadun, Tuan Penata Negarou (Tuan Penata Negara).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memperoleh gelar kehormatan Adat Lampung Pepadun, Tuan Penata Negarou (Tuan Penata Negara). Gelar tersebut diberikan oleh Federasi Adat Marga Empat (Marga Pak) Tulang Bawang Barat. Anies pun merasa senang.

"Bahagia sekali dapat kembali ke Tulang Bawang Barat (Tubaba). Kemarin 8 Mei 2022, kembali ke Tubaba untuk menerima Pemberian Gelar Kehormatan Adat Lampung Pepadun Tuan Penata Negarou (Tuan Penata Negara) dari Federasi Adat Marga Empat (Marga Pak) Tulang Bawang Barat," ujar Anies melalui pesan di Instagram, Senin (9/5/2022).

Baca Juga

Menurut Anies, Tulang Bawang Barat adalah daerah yang spesial. Ia masih ingat betul pertama kali menginjakkan kaki di tanah Tubaba pada 11 November 2010 silam.  "Kami mengantarkan beberapa anak muda, sarjana-sarjana terbaik yang bersedia menjadi pengajar di tempat-tempat yang penuh dengan tantangan. Gerakan yang kita sebut Indonesia Mengajar," katanya.

Tubaba adalah satu dari sedikit kabupaten yang menyatakan bersedia menerima angkatan pertama Indonesia Mengajar. "Kami bersyukur sekali atas sambutan warga Tubaba yang terbuka untuk kemajuan pendidikan, termasuk Pak Umar Ahmad yang saat itu masih wakil bupati."

Pada waktu itu. lanjut Anies, Tulang Bawang Barat adalah kabupaten baru hasil pemekaran. Ketika tiba di desa penempatan, mobil sulit bergerak karena jalan berlumpur berat.

Pada 2015, ia sempat kembali ke Tubaba, ketika Indonesia Mengajar di Tubaba tuntas pada 2015. Program ini memang dirancang untuk lima tahun saja agar selanjutnya masyarakat di sini tumbuh berkembang. "Alhamdulillah, Pak Umar Ahmad yang kemudian menjadi Bupati Tubaba, sangat peduli dengan pendidikan dan berhasil menginisiasi program Tubaba Cerdas."

Selepas bertugas di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dan diamanahi bertugas di Jakarta, sebagai Gubernur DKI Jakarta, beberapa waktu lalu Bupati Tubaba bergantian bersilaturahmi ke balai kota.

"Beliau menyampaikan pesan ada sebuah gelar kehormatan yang hendak dianugerahkan dari #Tubaba," kata Anies.

Dari hati yang paling dalam, Anies menyampaikan apresiasi, terima kasih atas kehormatan yang diembankan. Insya Allah akan dijalani dengan sebaik-baiknya.

"Tulang Bawang Barat akan selalu menjadi bagian penting dalam perjalanan hidup kami, sebuah tempat yang memberikan kesan amat mendalam. Insya Allah ini bukan kali terakhir kita memanjangkan silaturahmi ini."

Semoga kemajuan bagi Kabupaten Tulang Bawang Barat akan terus terjadi dan keberkahan akan bisa melimpah kepada semua yang berada di Kabupaten #TulangBawangBarat.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
سَيَقُوْلُ الَّذِيْنَ اَشْرَكُوْا لَوْ شَاۤءَ اللّٰهُ مَآ اَشْرَكْنَا وَلَآ اٰبَاۤؤُنَا وَلَا حَرَّمْنَا مِنْ شَيْءٍۗ كَذٰلِكَ كَذَّبَ الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِهِمْ حَتّٰى ذَاقُوْا بَأْسَنَاۗ قُلْ هَلْ عِنْدَكُمْ مِّنْ عِلْمٍ فَتُخْرِجُوْهُ لَنَاۗ اِنْ تَتَّبِعُوْنَ اِلَّا الظَّنَّ وَاِنْ اَنْتُمْ اِلَّا تَخْرُصُوْنَ
Orang-orang musyrik akan berkata, “Jika Allah menghendaki, tentu kami tidak akan mempersekutukan-Nya, begitu pula nenek moyang kami, dan kami tidak akan mengharamkan apa pun.” Demikian pula orang-orang sebelum mereka yang telah mendustakan (para rasul) sampai mereka merasakan azab Kami. Katakanlah (Muhammad), “Apakah kamu mempunyai pengetahuan yang dapat kamu kemukakan kepada kami? Yang kamu ikuti hanya persangkaan belaka, dan kamu hanya mengira.”

(QS. Al-An'am ayat 148)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement