Ahad 26 Jun 2022 12:15 WIB

10 Benda Langit yang Bisa Diamati di Siang Hari

Mengamati benda langit di siang hari lebih menantang dibandingkan malam hari.

Rep: MGROL136/ Red: Dwi Murdaningsih
Matahari. ILustrasi. Matahari adalah benda langit yang sudah pasti bisa dilihat di siang hari.
Foto: Dailymail
Matahari. ILustrasi. Matahari adalah benda langit yang sudah pasti bisa dilihat di siang hari.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mengamati benda langit lebih mudah dilakukan dalam kedaaan langit yang gelap. Namun, ternyata ada banyak benda langit yang juga bisa diamati di siang hari.

Beberapa objek luar angkasa terlihat sepanjang hari, tetapi mengamatinya memiliki batasan dan tantangan tersendiri. Berikut adalah daftar 10 benda langit yang bisa dicari keberadaannya di siang hari, dilansir dari Earth Sky:

Baca Juga

1. Matahari

Tentu saja, pada siang hari Anda akan melihat matahari. Namun, kita tidak boleh memandangnya karena hal itu membahayakan mata kita. Jadi, hindari melihat langsung ke matahari. Paparan sinar matahari langsung dapat membahayakan mata.

2. Bulan 

Mungkin saja tidak banyak orang yang menyadari bahwa bulan bisa dilihat di siang hari. Sebab, begitu banyak orang saat ini menghabiskan sebagian besar waktu mereka di dalam ruangan sehingga tidak terlalu fokus ke langit.

Selain itu, bulan tidak selalu muncul di langit tengah hari. Bulan menghabiskan setengah hari di bawah cakrawala. Selain itu, bulan seringkali berbentuk bulan sabit tipis dan sulit untuk dilihat meskipun terlihat pada siang hari. 

3. Planet Venus

Ketika matahari berada di langit, Venus dapat dilihat. Venus muncul menyerupai bulan sabit kecil. Namun, diperlukan semacam bantuan optik untuk melihat Venus karena ia hanya muncul sebagai bulan sabit pada titik-titik tertentu dalam orbitnya.

Pengamatan di langit siang hari lebih menantang. Di langit siang hari, Venus muncul sebagai titik putih kecil yang sering tampak "muncul" ke arah Anda. Di langit pagi menjelang fajar pada Juni 2022, Venus terlihat jelas. Meskipun cukup cerah, secara bertahap akan kehilangan kecerahan hingga menghilang dari langit awal pada bulan Oktober. Pada Desember 2022, Venus akan kembali ke langit malam.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
هَلْ يَنْظُرُوْنَ اِلَّآ اَنْ تَأْتِيَهُمُ الْمَلٰۤىِٕكَةُ اَوْ يَأْتِيَ رَبُّكَ اَوْ يَأْتِيَ بَعْضُ اٰيٰتِ رَبِّكَ ۗيَوْمَ يَأْتِيْ بَعْضُ اٰيٰتِ رَبِّكَ لَا يَنْفَعُ نَفْسًا اِيْمَانُهَا لَمْ تَكُنْ اٰمَنَتْ مِنْ قَبْلُ اَوْ كَسَبَتْ فِيْٓ اِيْمَانِهَا خَيْرًاۗ قُلِ انْتَظِرُوْٓا اِنَّا مُنْتَظِرُوْنَ
Yang mereka nanti-nantikan hanyalah kedatangan malaikat kepada mereka, atau kedatangan Tuhanmu, atau sebagian tanda-tanda dari Tuhanmu. Pada hari datangnya sebagian tanda-tanda Tuhanmu tidak berguna lagi iman seseorang yang belum beriman sebelum itu, atau (belum) berusaha berbuat kebajikan dengan imannya itu. Katakanlah, “Tunggulah! Kami pun menunggu.”

(QS. Al-An'am ayat 158)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement