Jumat 08 Jul 2022 04:43 WIB

Bagaimana Nasib Ekonomi Inggris Pasca-Boris Johnson Berhenti?

Siapa pun yang menggantikan Johnson harus mengambil keputusan besar tentang pajak.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Friska Yolandha
 Perdana Menteri Boris Johnson membacakan pernyataan di luar 10 Downing Street, London, secara resmi mengundurkan diri sebagai pemimpin Partai Konservatif, di London, Kamis, 7 Juli 2022. Johnson mengatakan Kamis bahwa dia akan tetap sebagai perdana menteri Inggris sementara kontes kepemimpinan diadakan untuk memilihnya. penerus.
Foto:

Analis di bank AS Citi mengatakan mereka memperkirakan pesaing kepemimpinan Partai Konservatif Priti Patel dan Liz Truss, yang menjabat sebagai menteri dalam negeri dan luar negeri Johnson, mungkin menyerukan pemotongan pajak cepat dan pengeluaran yang lebih tinggi, sementara Sunak dan mantan menteri kesehatan Sajid Javid cenderung lebih berhati-hati. Implikasi jangka panjang dari keputusan mereka akan tinggi.

Pengawas anggaran Inggris mengatakan bahwa utang bisa lebih dari tiga kali lipat menjadi hampir 320 persen dari PDB dalam waktu 50 tahun, jika pemerintah masa depan tidak memperketat kebijakan fiskal.

Ketiga, Brexit. Lebih dari enam tahun setelah Inggris memilih untuk meninggalkan Uni Eropa, London dan Brussels tetap berselisih karena desakan Johnson untuk menulis ulang aturan untuk perdagangan yang melibatkan Irlandia Utara. Kemungkinan peningkatan hubungan dengan UE di bawah perdana menteri baru telah mendorong beberapa ekonom untuk memperkirakan ekspor dan investasi Inggris yang lebih kuat, meskipun setiap perubahan dalam hubungan perdagangan secara keseluruhan kemungkinan kecil.

Selain itu, beberapa kandidat terdepan untuk menggantikan Johnson, terutama menteri luar negeri Truss, secara terbuka mendukung sikap agresifnya terhadap UE.

Keempat, BoE. Bank sentral Inggris telah menaikkan suku bunga lima kali sejak Desember, atau kenaikan tertajam dalam 25 tahun, dan telah mengisyaratkan akan terus meningkatkannya, mungkin sebanyak setengah poin persentase pada pertemuan berikutnya pada Agustus. Namun risiko perlambatan ekonomi global baru-baru ini telah mengurangi taruhan oleh investor pada langkah besar semacam itu oleh BoE. Ketidakpastian atas arah kebijakan fiskal Inggris dapat memberikan alasan lain untuk berhati-hati.

Kelima, kerusakan politik. Sementara keluarnya Johnson mengakhiri babak lain dalam salah satu periode paling kacau dalam sejarah politik Inggris modern, tetapi masih harus dilihat apakah penggantinya dapat menenangkan keadaan? Seorang analis di Berenberg, Kallum Pickering mengatakan ekonomi Inggris akan diuntungkan jika Johnson digantikan oleh individu yang lebih rajin dan serius.

 

Namun, para analis Citi mengatakan mereka skeptis bahwa faksi-faksi yang berbeda di dalam Partai Konservatif akan bersatu di sekitar strategi yang jelas. Dalam beberapa bulan ke depan, dunia melihat Inggris menuju ke tekanan standar hidup, tidak adanya strategi yang ditetapkan, dan menghadapi perpecahan pemerintah. Karena itu, risiko kesalahan kebijakan yang mendalam menjadi signifikan. Pemilu dini juga tidak boleh diabaikan, meskipun kami masih mengharapkan kontes hanya pada 2024.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement