Friday, 4 Rabiul Awwal 1444 / 30 September 2022

Friday, 4 Rabiul Awwal 1444 / 30 September 2022

 

4 Rabiul Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Wakil Kepala BPIP Ungkap Kiat Jadi ASN Berintegritas dan Berhati Pancasila

Rabu 10 Aug 2022 05:07 WIB

Red: Christiyaningsih

Wakil Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Karjono saat menjadi keynote speaker dalam acara Orientasi Pembinaan Ideologi Pancasila di Palu.

Wakil Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Karjono saat menjadi keynote speaker dalam acara Orientasi Pembinaan Ideologi Pancasila di Palu.

Foto: BPIP
Wakil Kepala BPIP ungkap kiat-kiat menjadi ASN yang berkarakter dan berjiwa Pancasila

REPUBLIKA.CO.ID, PALU - Aparatur Sipil Negara (ASN) adalah garda terdepan untuk memegang estafet kepemimpinan di lingkungan Pegawai Negeri Sipil. Demikian disampaikan Wakil Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Karjono saat menjadi keynote speaker dalam acara Orientasi Pembinaan Ideologi Pancasila bagi sekretaris UPD, kepala bagian, dan camat serta lurah di Kota Palu, Selasa (9/8/2022). 

 

"Bapak dan ibu adalah garda terdepan untuk memegang estafet kepemimpinan. Bapak ibu inilah yang pegang kendali di negeri ini, utamanya dari Palu, dan itu harus Pancasila, wajib ber-Pancasila," kata Karjono.

Baca Juga

Dalam paparan bertajuk ASN Berintegritas dan Berhati Pancasila, Karjono menyampaikan kiat-kiat menjadi ASN yang berkarakter dan berjiwa Pancasila, loyal pada pimpinan, profesional, toleransi, dan menjunjung tinggi keberagaman. "Saya haturkan untuk menjadi ASN yang berjiwa Pancasila itu harus berkepribadian dan berkebudayaan Indonesia, memiliki semangat patriot yang utuh, semangat gotong royong, kesadaran bersahaja, dan mengutamakan kejujuran," ucapnya. 

Selain itu, Karjono menekankan ASN harus membuka wawasan dan pengetahuan melanjutkan jenjang pendidikan yang lebih tinggi, jadi pegawai ASN yang serba prihatin. Maka kejarlah pendidikan lebih tinggi. Ibaratnya sekolah kere, enggak sekolah kere, mending sekolah yang lebih tinggi sehingga ada sesuatu yang diharapkan. 

Di era digital, terutama dalam bermedia sosial, ASN harus waspada dengan pengaruh kelompok radikal, ujaran kebencian, dan hoaks. Namun ia juga mengingatkan kepada para peserta yang hadir untuk berhati-hati dalam bermedia sosial agar santun dan saling membuat pemberitaan yang menyejukkan dan nyaman.

Kepala Badan Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia Daerah (BKPSDMD) Kota Palu Abidin menyampaikan apresiasi dan rasa bangga kepada pemerintah kota Palu yang telah mendatangkan wakil kelapa BPIP untuk memberikan pembekalan pembinaan ideologi Pancasila bagi para ASN. "Kami atas nama Pemerintah Kota Palu khususnya BKDSDM mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya," kata Abidin.

Abidin juga mengaku pemerintah Kota Palu siap menjadi mitra dan mendukung program BPIP, khususnya dalam memgaktulisasikan nilai-nilai Pancasila bagi para ASN. "Kami Pemerintah kota siap mem-back up program BPIP, khususnya di Kota Palu. Kami siap mendukung progam BPIP dalam rangka mengaktualisasikan nilai-nilai Pancasila khususnya untuk para ASN," katanya. 

Hadir pada kegiatan tersebut Direktur Sosialisasi dan Komunikasi M Akbar Hadiprabowo, Direktur Pengkajian Kebijakan Pembinaan Ideologi Pancasila Muhammad Sabri, dan Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Palu Ansyar Sutiadi.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f

 

 

BERITA LAINNYA

 

 

hide ads show ads
desktop mobile