Kamis 25 Aug 2022 05:17 WIB

Pengamat: Ganjar-Erick Dapat Saling Melengkapi Sebagai Capres-Cawapres

Pengamat nilai pasangan Ganjar dan Erick ideal sebagai capres dan cawapres.

Rep: Rizkyan Adiyudha/ Red: Bayu Hermawan
Menteri BUMN Erick Thohir dan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo
Foto: Dok
Menteri BUMN Erick Thohir dan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pengamat politik Unair, Hotman Siahaan menilai kalau pasangan Ganjar Pranowo-Erick Thohir bakal seperti pasangan Soekarno-Hatta. Menurutnya, kedua tokoh masyarakat itu memiliki karakter kepemimpinan yang dapat saling melengkapi sebagai capres-cawapres.

Hotman berpendapat, Ganjar memiliki basis massa besar dan menjadi pemersatu serta simbol solidarity makers di akar rumput. Sementara Erick, seorang administrator yang dibekali keterampilan dalam mengurus Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dengan segala prestasi prestasinya.

Baca Juga

"Ini merupakan pasangan yang sangat menarik dan serasi saling isi apalagi Ganjar juga memiki sense Humor yang cukup tinggi, karena itu makanya saya yakin dia memiliki solidarity makers," kata Hotman dalam keterangan, Rabu (24/8).

Hotman lantas membayangkan pemerintahan di masa lalu dimana Indonesia pernah memiliki Presiden Soekarno dan Wakil Presiden Mohammad Hatta. Dia mengatakan, keduanya saat itu dapat saling mengisi dengan keahlian masing-masing.

"Dulu Indonesia memiliki Soekarno seorang solidarity makers, sedangkan Hatta itu seorang administrator makers, nah saya melihat dalam teori tersebut ada pada sosok Ganjar dan Erick," katanya.

Menurut Hotman, dalam kepemimpinan itu harus dapat dukungan solidarity makers karena itu bisa mempersatukan semua dan kelompok. Begitu juga dengan menata semua adminitrasi birokrasi dan bisa mengambil keputusan keputusan tepat di bidang ekonomi dan pembangunan sosial

"Ganjar turun kebawah inikan hebat, menegur menyapa ini yang mengalir secara alamiah tidak dibuat buat. Nah kalau Erick inikan pekerja keras, BUMN dibenahi dan ada tanda tanda lebih baiklah saat ini," katanya.

Ketua relawan pendukung Ganjar Pranowo dan Erick Tohir yang tergabung dalam Sahabat Ganjar-Erick ( SGE) meyakini pasangan Ganjar Erick akan melaju menjadi pasangan Capres Cawapres pada tahun 2024 mendatang. Optimisme itu dilihat dari peran dan latar belakang masing-masing tokoh.

"Ini pasangan yang serasi bukan hanya sekedar Capres Cawapres tapi juga sebagai Presiden dan wakil Presiden pada periode mendatang," kata Andi.

Dia mengatakan, saat ini relawan SGE akan terus melakukan kerja-kerja politik ke berbagai daerah. Dia mengatakan, hal itu dilakukan guna menyosiali dan mengenalkan keduanya ke publik sebagai pasangan capres-cawapres 2024.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement