Jumat 30 Sep 2022 18:46 WIB

Pentingnya Sertifikat SSAP untuk Kepastian Produk yang Berkelanjutan

Importir kedelai AS akan terima sertifikat protokol jaminan keberlanjutan kedelai.

Red: Friska Yolandha
Pekerja memasukkan kacang kedelai ke dalam karung di Kawasan Duren Tiga, Jakarta, Selasa (26/7/2022). Pengimpor kedelai asal Amerika Serikat (AS) kini akan menerima sertifikat Protokol Jaminan Keberlanjutan Kedelai (Soy Sustainability Assurance Protocol/SSAP) termasuk di Indonesia.
Foto:

Sertifikat SSAP yang dikembangkan di 2013 merupakan pendekatan agregat terverifikasi, diaudit oleh pihak ketiga, yang melakukan verifikasi produksi kedelai yang berkelanjutan dalam skala nasional. Sistem ini dirancang untuk menjaga keseimbangan berskala besar atas kedelai berkelanjutan yang terverifikasi dalam setiap transfer (pengalihan), di samping itu kalkulasi pemrosesan industri juga terpadukan di dalam sistem tersebut. Lembaga yang menerbitkan dan melacak sertifikat tersebut adalah Soy Export Sustainability, LLC.

Dalam jangka pendek perubahan ini dapat memenuhi kebutuhan para pembeli untuk menunjukkan komitmen mereka dalam memasok kedelai yang berkelanjutan. Namun di jangka panjang perubahan ini dapat mendorong permintaan atas produk mereka, yang didasari oleh preferensi konsumen pada produk-produk yang berkelanjutan.  

Di bawah panduan SSAP, petani kedelai AS secara terus menerus meningkatkan kinerja keberlanjutan mereka, memastikan produk yang lebih berkelanjutan di masa depan. Kedelai Amerika Serikat telah dikenal sebagai produk dengan jejak karbon paling rendah dibandingkan kedelai yang dihasilkan dari kawasan lain. 

 

SSAP juga mencakup audit pertanian yang dilaksanakan oleh pihak ketiga yang independen, yaitu Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA). Baru baru ini SSAP telah meraih Silver Level Equivalence pada kesempatan benchmark dengan Farm Sustainability Assessment (FSA) 3.0 yang diusung oleh Sustainable Agriculture Initiative Platform (SAI Platform). Di samping itu, SSAP juga mendapatkan penilaian positif atas benchmark dengan panduan pasokan produk kedelai dari European Feed Manufacturers Federation (FEFAC) melalui lembaga International Trade Centre yang independen. SSAP juga diakui oleh Sustainable Soy Sourcing Guidelines dari Consumer Goods Forum dan juga Best Aquaculture Practices dari Global Seafood Alliance.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَاعْتَصِمُوْا بِحَبْلِ اللّٰهِ جَمِيْعًا وَّلَا تَفَرَّقُوْا ۖوَاذْكُرُوْا نِعْمَتَ اللّٰهِ عَلَيْكُمْ اِذْ كُنْتُمْ اَعْدَاۤءً فَاَلَّفَ بَيْنَ قُلُوْبِكُمْ فَاَصْبَحْتُمْ بِنِعْمَتِهٖٓ اِخْوَانًاۚ وَكُنْتُمْ عَلٰى شَفَا حُفْرَةٍ مِّنَ النَّارِ فَاَنْقَذَكُمْ مِّنْهَا ۗ كَذٰلِكَ يُبَيِّنُ اللّٰهُ لَكُمْ اٰيٰتِهٖ لَعَلَّكُمْ تَهْتَدُوْنَ
Dan berpegangteguhlah kamu semuanya pada tali (agama) Allah, dan janganlah kamu bercerai berai, dan ingatlah nikmat Allah kepadamu ketika kamu dahulu (masa jahiliah) bermusuhan, lalu Allah mempersatukan hatimu, sehingga dengan karunia-Nya kamu menjadi bersaudara, sedangkan (ketika itu) kamu berada di tepi jurang neraka, lalu Allah menyelamatkan kamu dari sana. Demikianlah, Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepadamu agar kamu mendapat petunjuk.

(QS. Ali 'Imran ayat 103)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement