Sabtu 05 Nov 2022 08:27 WIB

4 Cara Turunkan Berat Badan tanpa Hitung Kalori

Turunkan berat badan dengan defisit kalori cukup melelahkan secara mental.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
Turunkan berat badan dengan defisit kalori cukup melelahkan secara mental.
Foto: www.freepik.com
Turunkan berat badan dengan defisit kalori cukup melelahkan secara mental.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ada sejumlah alasan mengapa seseorang ingin menurunkan berat badan, salah satunya karena alasan kesehatan. Metode penurunan berat badan yang paling umum biasanya harus makan dalam defisit kalori, yang berarti Anda membakar lebih banyak kalori daripada yang dimakan. Tapi ini bisa memakan waktu yang cukup panjang dan melelahkan secara mental, jadi Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana cara menurunkan berat badan tanpa menghitung kalori.

Ahli diet terdaftar dari AS, Laura Clark, sepakat bahwa menghitung kalori bisa menjadi tantangan mental dan fisik. Menghitung kalori juga dinilai tidak terlalu berkelanjutan untuk menjaga kesehatan yang baik dalam jangka panjang. Tidak hanya memakan waktu untuk menghitung kalori setiap hari, tetapi juga dapat menyebabkan berkembangnya asosiasi negatif dengan makanan, yang dapat menempatkan seseorang pada risiko gangguan makan.

Baca Juga

"Bahkan ketika Anda sudah punya tekad yang kuat sangat sulit untuk mempertahankan defisit yang signifikan dalam jangka waktu yang sangat lama karena bertentangan dengan naluri tubuh untuk bahan bakar dan kelangsungan hidup," jelas Clark seperti dilansir dari Fit and Well, Sabtu (5/11/2022).

Sebuah studi tahun 2017 yang diterbitkan dalam Perspectives on Psychological Science menemukan bahwa menghitung kalori bukanlah pendekatan yang efektif untuk penurunan berat badan jangka panjang dan kesehatan yang baik. Cara itu dinilai terlalu sederhana untuk menyelesaikan masalah yang begitu kompleks dan beragam.