Sabtu 24 Dec 2022 13:06 WIB

RM Blak-blakan Rasanya Jadi Leader BTS

BTS ternyata tidak sepenuhnya mewakili sosok pribadi Kim Nam-joon alias RM

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Christiyaningsih
RM BTS berbagi tentang tujuannya merilis album solonya Indigo beberapa waktu lalu. Ilustrasi.
Foto: EPA
RM BTS berbagi tentang tujuannya merilis album solonya Indigo beberapa waktu lalu. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL — Penyanyi rap RM BTS berbagi tentang tujuannya merilis album solonya Indigo beberapa waktu lalu. Melalui perilisan solonya, dia juga mengeksplorasi identitasnya sebagai Kim Nam-joon dan pemimpin salah satu grup musik terbesar di dunia, RM BTS.

“Merilis album ini merupakan langkah penting dalam perjalanannya untuk menemukan dan membangun identitasnya sebagai seorang individu,” kata RM dilansir Korea Boo, Sabtu (24/12/2022).

Baca Juga

Penyanyi rap dan penulis lagu kelahiran 12 September 1994 itu menjelaskan grupnya, BTS, adalah bagian penting dalam hidupnya. Namun, BTS ternyata tidak sepenuhnya mewakili sosok pribadi Kim Nam-joon. “Saya harus merilis album ini untuk berdiri sendiri sebagai individu,” ujar RM.

Meskipun melihat kesuksesan besar sebagai pemimpin BTS, RM mengungkapkan keputusannya untuk menjadi bagian dari grup beranggotakan tujuh orang itu terkadang menghantuinya. RM memulai kariernya sebagai rapper yang tak terikat label dan artis hip-hop dengan nama panggung Runch Randa.

Dalam perjalanan dengan BTS, RM mengatakan dia merasa semakin menjauh dari dunianya. Bahkan, dia merasa tersiksa oleh pemikiran bahwa orang yang dia sukai (orang yang menikmati musik yang sama) tidak memiliki cinta untuknya.

“Saya sering bertanya-tanya apakah saya membuat keputusan yang tepat dengan bergabung dengan boy band. Pada saat itu, BTS diperlakukan seperti orang luar di komunitas hip-hop Korea. Itu membuat saya stres,” ujar pelantun Moonchild itu.

Seiring waktu, RM menyadari fakta bahwa 'musik yang bagus itu adalah musik yang bagus'. Dia menyebut artis Barat, seperti Post Malone, Drake, dan Lil Uzi Vert sebagai musisi yang menginspirasinya untuk memikirkan musik dalam arti lebih luas.

“Saya memutuskan untuk berhenti memikirkan jalan (ketakutan) yang belum saya lalui, dan mulai berpikir lebih banyak tentang keniscayaan saya, serta menerima versi terbaik dari diri saya, yang memungkinkan saya membuat album ini (Indigo), di mana saya benar-benar jujur pada diri sendiri,” kata RM.

Dia lebih jauh mengeksplorasi identitasnya dengan BTS dalam lirik dan video musik untuk lagu Wild Flower yang menampilkan Youjeen.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement