REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebuah studi terbaru meneliti tentang pengaruh pendidikan musik bagi generasi muda. Riset yang diterbitkan di jurnal Frontiers In Psychology tersebut digagas oleh tim peneliti dari University of Southern California (USC).
Para peneliti melibatkan 120 siswa dari 52 sekolah menengah Los Angeles Unified School District. Pertanyaan survei mencakup perkembangan pemuda yang positif termasuk kompetensi dan kepercayaan diri.
Penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa remaja yang menunjukkan sifat-sifat demikian cenderung memberikan kontribusi positif kepada masyarakat. Mereka juga cenderung tidak terlibat dalam perilaku berisiko pada kemudian hari.
Salah satu peneliti, Beatriz Ilari, menemukan siswa yang memulai pendidikan musik sebelum usia delapan tahun lebih memiliki harapan tentang masa depan. Siswa yang menerima pelatihan musik di usia lebih muda pun mendapat skor lebih tinggi dalam ukuran kunci perkembangan remaja yang positif.