REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menukil buku Malam Nishfu Syaban karya Hanif Luthfi terdapat beberapa dalil yang menyunnahkan shalat di malam nishfu Syaban, diantaranya,
Pertama, Imam Ghazali dalam kitabnya Ihya Ulumiddin memang menyebutkan,
وليلة النصف من شعبان ففيها مائة ركعة يقرأ في كل ركعة
بعد الفاتحة سورة الإخلاص عشر مرات كانوا لا يتركونها
Malam Nishfu Sya'ban di dalamnya ada shalat 100 rakaat, setelah baca al-Fatihah baca Surat al Ikhlas 10 kali, mereka tidak pernah meninggalkannya.
Kedua, Syekh Abdul Qadir al-Jilani termasuk ulama yang mensunnahkannya. Beliau menyebutkan dalam kitabnya al Ghunyah,
(فصل) فأما الصلاة الواردة في ليلة النصف من شعبان فهي مائة ركعة بألف ركعة قل هو الله أحد ... في كل ركعة عشر مرات، وتسمى هذه الصلاة صلاة الخير وتعرف بركتها وكان السلف الصالح يصلونها جماعة يجتمعون لها، وفيها فضل كثير وثواب جزيل
shalat yang ada pada malam nishfu Sya'ban adalah shalat 100 rakaat dengan 1000 al ikhlas. Setiap rakaat dibaca 10 kali. Shalat ini disebut shalat khair, dan telah diketahui keberkahannya. Para ulama salaf banyak yang melakukannya dengan berjamaah, mereka berkumpul untuk melakukannya. Di dalamnya ada anugerah yang banyak dan pahala yang banyak.
Ketiga, Abu Thalib al-Makki sebelumnya juga menyebutkan bahwa ada kesunnahan shalat 100 rakaat ini. Beliau menyebutkan:
وليلة النصف من شعبان وقد كانوا يصلون في هذه الليلة مائة ركعة بألف مرة قل هو الله أحد عشراً في كل ركعة ويسمون هذه الصلاة صلاة الخير ويتعرفون بركتها ويجتمعون فيها وربما صلوها جماعة
Malam Nishfu Sya'ban, mereka (para ulama) telah melakukan shalat pada malam ini 100 rakaat dengan 1000 surat al Ikhlas, setiap rakaat dibaca 10 kali. Mereka menyebutnya dengan shalat kebaikan, mereka mengetahui keberkahannya, mereka berkumpul dan kadang mereka shalat berjamaah.
Keempat, Muhammad bin Ishaq al Fakihani, dalam kitabnya Akhbar Makkah fi Qadim ad-Dahr wa Haditsihi, kabar-kabar tentang Makkah di masa lalu dan sekarang, itu pula yang dilakukan oleh beberapa orang di Makkah saat itu. Beliau menyebutkan:
وَأهْل مَكَّةَ فِيمَا مَضى إلى الْيَوْمِ إِذَا كَانَ لَيْلَةُ النَّصْفِ مِنْ
الرِّجَالِ وَالنِّسَاءِ إِلَى الْمَسْجِدِ، فَصَلُّوْا، عَامَّةُ شَعْبَانَ، خَرَجَ وَطَافُوا، وَأَحْيَوْا لَيْلَتَهُمْ حَتَّى الصَّبَاحَ بِالْقِرَاءَةِ فِي الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ، حَتَّى يَخْتِمُوا الْقُرْآنَ كُلَّهُ، وَيُصَلُّوا، وَمَنْ صَلَّى مِنْهُمْ تِلْكَ اللَّيْلَةَ مِائَةَ رَكْعَةٍ يَقْرَأُ فِي كُلِّ رَكْعَةِ بِالْحَمْدُ، وَقُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ عَشْرَ مَرَّاتٍ، وَأَخَذُوا مِنْ مَاءِ زَمْزَمَ تِلْكَ اللَّيْلَةَ، فَشَرِبُوهُ، وَاغْتَسَلُوا بِهِ، وَخَبَّؤُوهُ عِنْدَهُمْ لِلْمَرْضَى، يَبْتَغُونَ بِذَلِكَ الْبَرَكَةَ فِي هَذِهِ اللَّيْلَةِ، وَيُرْوَى فِيهِ أَحَادِيثُ كَثِيرَةً
Penduduk Makkah sejak dahulu sampai hari ini, jika malam Nishfu Sya'ban hampir kebanyakan mereka, baik laki-laki maupun perempuan itu keluar rumah menuju masjid. Mereka shalat, thawaf, menghidupkan malam itu sampai pagi, dengan membaca Al Qur'an di dalam Masjid al Haram, sampai mereka mengkhatamkan Alquran.
Mereka shalat malam itu, diantara mereka ada yang shalat 100 rakaat, membaca Surat al Fatihah dan al Ikhlas setiap rakaat sebanyak 10 kali. Mereka mengambil air zamzam malam itu, mereka meminumnya, mandi dengannya dan menyiramkan kepada orang yang sakit, mencari keberkahan malam itu. Banyak juga hadis diriwayatkan tentang malam itu.
Terlepas dari perdebatan kesunnahan shalat 100 rakaat ini, shalat secara umum pada malam nishfu Sya'ban termasuk salah satu amalan yang bisa dikerjakan untuk menghidupkan malam itu.