Selasa 28 Feb 2023 07:44 WIB

Setelah Banjir Kritikan, Buku Roald Dahl Bakal Diterbitkan Lagi dalam Versi tanpa Sensor

Pembaca bisa mendapatkan buku Roald Dahl versi Puffin dan Penguin.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Reiny Dwinanda
Buku-buku karya Roald Dahl dipajang di salah satu toko buku di New York, AS, pada 21 November 2011. Kritikus menuduh penerbit melakukan penyensoran terhadap buku cerita klasik anak-anak karya Dahl karena di edisi terbaru ada penghilangan ragam bahasa khas sang penulis, misalnya di Charlie and the Chocolate Factory dan Matilda, agar isinya lebih mudah diterima oleh pembaca masa kini.
Foto:

Dilansir Reuters, Senin (27/2/2023), Direktur Pelaksana Penguin Random House Children Francesca Dow mengatakan keputusan untuk mencetak versi klasik dan teks dengan perubahan datang setelah mendengarkan debat selama sepekan terakhir. Ini merupakan sebuah diskusi yang menunjukkan kekuatan luar biasa dari buku Dahl.

"Dengan menyediakan versi Puffin dan Penguin, kami menawarkan kepada pembaca pilihan untuk memutuskan bagaimana mereka mengalami kisah-kisah magis dan menakjubkan Roald Dahl," kata Dow dalam sebuah pernyataan.

Banyak cerita Dahl menampilkan karakter dewasa yang menantang yang harus dicerna oleh anak. Deskripsi Dahl yang menyengat dan unik tentang tokoh antagonis dewasa, seperti Miss Trunchbull dalam Matilda telah menyenangkan pembaca muda selama beberapa dekade.

Puffin menerbitkan karya Dahl, termasuk James and the Giant Peach dan The Witches bekerja sama dengan Roald Dahl Story Company. Dahl meninggal pada tahun 1990 dalam usia 74 tahun. Pada 2020 , keluarganya meminta maaf atas pernyataan anti-Yahudi yang Dahl buat dan menyebut komentar tersebut tidak dapat dimengerti.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement