Selasa 27 Jun 2023 13:19 WIB

Jejak Waktu Hilangnya Kapal Selam Titan dan Peristiwa Penting Lainnya

Ekspedisi berangkat dari St Johns, Newfoundland, Kanada

Rep: Amri Amrullah/ Red: Esthi Maharani
Kapal selama wisata itu membawa lima wisatawan untuk melihat puing-puing kapal Titanic
Foto:

Rabu, 21 Juni 2023

Pada siang hari – Penjaga Pantai AS, Angkatan Laut AS, Penjaga Pantai Kanada, dan Ekspedisi OceanGate membentuk komando terpadu untuk menangani pencarian.

02:00 ET (06:00 GMT) – US Coast Guard mengumumkan pesawat P-3 Kanada mendeteksi suara bawah air. Dikatakan pencarian kendaraan yang dioperasikan dari jarak jauh (ROV) diarahkan ke area suara dan datanya juga dikirim ke pakar Angkatan Laut AS untuk dianalisis.

Kamis, 22 Juni 2023

06:00 (10:00 GMT) - Batas waktu yang perkiraan kapan oksigen dalam kapal selam akan habis, berdasarkan dugaan Penjaga Pantai AS. Kapal memiliki pasokan 96 jam sejak ditutup, sesuai dengan spesifikasinya. Hal ini bergantung pada kapal yang masih utuh dan faktor lainnya, seperti apakah kapal selam tersebut masih memiliki tenaga di kedalaman es.

14:00 (18:00 GMT) – Serpihan puing-puing yang ditemukan di dekat reruntuhan Titanic di Atlantik Utara berisi potongan-potongan kapal selam Titan, kata para pejabat.

15:00 (19:00 GMT) - Puing-puing ini konsisten dengan hilangnya ruang tekanan dan ledakan, kata Penjaga Pantai AS. Dan dikonfirmasi tidak awak kapal ada yang selamat, tambahnya.

Tim Penyelamat dari Angkatan Laut AS Laksamana Muda John Mauger mengatakan kepada para wartawan di Boston, analisis menunjukkan puing-puing yang ditemukan di dasar laut 500 meter dari haluan Titanic konsisten dengan ledakan ruang tekanan kapal.

Jumat, 23 Juni 2023

Keluarga korban menyampaikan rasa duka "kesedihan mendalam" dan sahabat korban turut dalam suasana berkabung dan pernyataan ikut bela sungkawa.

"Kami menyampaikan belasungkawa yang tulus kepada keluarga penumpang kapal selam Titan lainnya," bunyi pernyataan tersebut, yang ditandatangani oleh Hussain dan Kulsum Dawood, orang tua Shahzada.

Sementara itu, keluarga pengusaha Inggris Hamish Harding yang juga meninggal di kapal selam tersebut memberikan penghormatan kepada "penjelajah yang penuh semangat," Harding, 58 tahun.

"Dia adalah seorang penjelajah yang penuh semangat - apa pun medannya - yang menjalani hidupnya untuk keluarganya, bisnisnya, dan untuk petualangan berikutnya," kata pernyataan keluarga, yang menggambarkan Harding sebagai "suami yang penyayang dan ayah yang berdedikasi untuk kedua putranya".

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement